Minggu, April 21, 2024

Dana Hibah 1,5 Miliar Tidak Cair, Kadis Kominfo Sumut Terkesan Mempersulit PWI

Dana hibah sebesar Rp1.5 Miliar belum dapat diterima Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara karena belum penuhi syarat administrasi.

“Pencairan belum dilakukan karena masalah administrasi yang belum selesai, pencairan akan direalisasikan setelah administrasi selesai,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Utara, Ilyas Sitorus kepada aktiva.news melalui pesan WhatsApp, Senin (28/8) siang.

Namun, Ilyas Sitorus tidak mampu menjelaskan administrasi apa yang kurang agar dana hibah tersebut dapat digunakan untuk program kerja PWI Sumut.

“Saya belum lihat karena masih di luar kota, sebelum ke tabagsel saya dan pak Gub kunker ke Labuhanbatu Raya lanjut saya bersama Kadis Pora mengikuti rapat di koni pusat terkait pon XXI/2024,”katanya tanpa menjelaskan apa pun.

Ia membantah bekerja sendiri memverifikasi data dokumen yang diberikan PWI Sumut, berdalih bawahan yang bekerja, namun tidak ada inisiatif Kadis Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus untuk berkoordinasi dengan Stafnya.

“Yang kerja anggota lah mana saya, merekalah yang verifikasi, “katanya lagi-lagi tidak memberikan penjelasan.

Sementara itu Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik mengatakan telah melengkapi semua data dokumen administrasi.

“Sampai saat ini PWI tidak ada menerima surat dari Kominfo yang menyatakan berkasnya tidak lengkap.

Komunikasi kami terakhir dengan pihak Kominfo telah dinyatakan berkas lengkap tinggal menunggu tanda tangan dari Kadis Kominfo Sumut, tapi ternyata sampai sekarang belum juga diteken, “kata Farianda yang juga pemimpin redaksi harian Medan Pos.

Dana Hibah

Diterangkannya lagi, “Staf kominfo bilang udah gak masalah, tinggal diteken ilyas. Surat tertanggal 7 Agustus itu udah kita jawab dan perbaiki berkasnya, “jelasnya.

Farianda juga menuding Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Utara, Ilyas Sitorus tidak bekerja secara profesional.

“Komunikasi Kadis Kominfo dengan stafnya sangat lemah. Itu menandakan Kadis kinerjanya buruk dan tidak profesional, “pungkasnya.

Sebelumnya berita ini telah tayang dengan judul Pemprovsu Tidak Cairkan Dana Hibah, Uji Kompetensi Wartawan Ditunda

(As/Red)

 

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN