Minggu, September 8, 2024

Kadisdik Tapteng Kunker ke Dinkes Serang, Kolaborasi Digital Atasi Krisis Stunting

Tapteng – Kepala dinas pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Boy Rahman Hasibuan, peserta pelatihan Visitasi Kepemimpinan Nasional tingkat II kelompok IV yang diselenggarakan oleh BPSDM Sumatera Utara (Sumut) tahun 2024, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang, Provinsi Banten, pada Senin (16/7/24).

Pada kegiatan ini, kelompok IV (Kadisdik Tapteng) membahas tema tentang ‘Digitalisasi Transformasi Tata Kelola Pemerintahan Dalam Penanganan Stunting’.

“Kunjungan ini menggarisbawahi pentingnya memanfaatkan teknologi dan perangkat digital untuk meningkatkan hasil kesehatan dan mengelola stunting secara efektif, suatu kondisi yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak,” kata Boy saat dikonfirmasi Mistar.id, Selasa (16/7/24).

Pada kunjungan tersebut juga membahas peran platform digital dalam meningkatkan pengumpulan, pemantauan, dan analisis data, yang sangat penting untuk mengidentifikasi dan menerapkan intervensi yang ditargetkan.

Kolaborasi ini bertujuan untuk mengintegrasikan solusi kesehatan digital, seperti telemedis, aplikasi kesehatan seluler, dan sistem pengambilan keputusan berbasis data, untuk menyederhanakan upaya dan memastikan bahwa sumber daya dialokasikan secara efisien.

Kedua Instansi berkomitmen untuk mendorong inovasi dan menerapkan praktik terbaik untuk memerangi stunting.

“Inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi antara berbagai pemangku kepentingan, termasuk penyedia layanan kesehatan, pembuat kebijakan, dan organisasi masyarakat, sehingga pada akhirnya menghasilkan solusi yang lebih efektif dan berkelanjutan terhadap masalah kesehatan masyarakat yang mendesak ini,” ucap Boy. (Syaiful)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN