Selasa, Februari 27, 2024
KPU SUMATERA UTARAspot_img
KPU SUMATERA UTARAspot_img

Badikenita Sitepu Dukung Industri Pariwisata Danau Toba Go Internasional

Medan – Peran anggota DPD RI (Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia) Daerah Pemilihan Kabupaten/kota Sumatera Utara dalam menunjang pembangunan dan mensejahterakan kehidupan masyarakat sangatlah penting.

Perlu diketahui, DPD adalah lembaga legislatif tingkat nasional di Indonesia yang memiliki peran dalam membuat undang-undang, mengawasi pemerintahan, dan menyuarakan aspirasi daerah atau lembaga yang mewakili kepentingan daerah-daerah di tingkat nasional. Setiap provinsi di Indonesia memiliki empat anggota DPD yang dipilih secara langsung oleh rakyat. Anggota DPD diharapkan dapat mengemukakan masalah, aspirasi, dan kebutuhan dari daerah yang mereka wakili.

Selain itu, tugas DPD adalah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan otonomi daerah. DPD memiliki peran dalam memastikan bahwa kebijakan nasional tidak melanggar hak otonomi daerah dan mendukung pembangunan serta kesejahteraan di tingkat daerah.

Selain melakukan pengawasan terhadap otonomi daerah, DPD memiliki kewenangan dalam mengusulkan pengajuan undang-undang. Anggota DPD dapat mengajukan inisiatif undang-undang atau memberikan pertimbangan terhadap undang-undang yang berkaitan dengan otonomi daerah dan kepentingan daerah.

Nah, selain tugas utama seperti diatas tadi, DPD RI juga mendukung pembangunan serta kesejahteraan masyarakat di tingkat daerah atau daerah pemilihannya.

Setidaknya itulah yang selalu dilakukan anggota DPD RI Dapil Sumatera Utara, Dr Badikenita Sitepu SE.SH.M.Si.

Selama menjadi anggota DPD RI Dapil Kabupaten/kota se- Sumatera Utara sejak Tahun 2019 s/d 2024, berbagai upaya telah dilakukan lulusan doktor termuda ilmu ekonomi Universitas Indonesia (UI) 2013 itu.

Salah satunya adalah memajukan industri pariwisata di Sumatera Utara. Perhelatan Internasional F1 Powerboat (F1H2O) Danau Toba yang diselenggarakan pada 22-26 November 2023 yang diikuti 18 negara.

Disusul lagi dengan Aquabike Jetsky World Campionship 2023, yang diadakan di Kab Karo, Dairi dan Kab Samosir pada 22-26 November 2023 lalu yang diikuti 22 negara dengan 118 pembalap internasional dan 10 pembalap Indonesia.

Kedua perhelatan Internasional itu adalah salah satu kerja keras anggota DPD RI Badikenita Sitepu SE.SH.M.Si untuk meyakinkan pemerintah pusat dan dunia internasional betapa indahnya Danau Toba untuk event internasional olahraga air.

Yang lebih menarik lagi, Danau Toba akan menjadi pusat perhatian dunia olah raga air selama 5 tahun ini sebagai tuan rumah.

Satu-satunya perempuan Sumut Calon DPD RI Dapil Sumatera Utara No 4, pada Pemilu 2024 ini mengatakan, perhelatan event Internasional Aquabike Jetski World Championship 2023 lalu diyakini memberikan dampak yang positif bagi kita semua dan ini harus disambut dengan baik oleh semua kalangan.

“Ini kedua kalinya diadakan perlombaan Internasional di Danau Toba menjadi sinyal baik bagi Sumut agar segera memperbaiki sarana dan prasarana yang belum memadai diwilayah wisata Danau Toba,” ungkap Ketua Umum PIKI (Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia) itu.

Alumnus Ilmu Ekonomi (S1 & S2) Universitas Sumatera Utara dan Sarjana Hukum UKI (Universitas Kristen Indonesia) itu menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat dan pelaku UMKM agar mempersiapkan produk-produk & layanan yang baik bagi pengunjung.

“Pergelaran Aquabike dan Fowerboat menjadi kesempatan yang baik untuk memperkenalkan budaya kita khususnya yang di Kabupaten Dairi kepada mancanegara,” ujar istri Anggara Soaduon Simanjuntak meyakinkan, setelah ini, diharapkan mata dunia akan melirik Indonesia dalam melakukan pargelaran event internasional lainnya. semoga. (Red)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN