Selasa, September 26, 2023

Dinilai Arogan, Kepala Sekolah SMK Negeri I Biru Biru Didesak Mundur Dari Jabatannya

DELISERDANG – Puluhan siswa dan perwakilan orang tua SMK Negeri I Biru Biru Kecamatan Biru Kabupaten Deli Serdang melakukan aksi demo, Selasa (20/6/2023) menuntut Kepala Sekolah Normauli Simbolon SSi, MM segera dicopot dari jabatannya.

Dalam orasinya, siswa menuntut agar kepala sekolah segera mundur dari jabatannya karena dinilai sangat Arogan dan otoriter selama memimpin di SMK Negeri I Biru Biru.

Masa aksi bergerak dengan membawa alat peraga seperti pengeras suara dan spanduk bertuliskan keluhan mereka.

Beberapa tuntutan yang tertara dalam aksi siswa ini antara lain : 1. Kepala sekolah tidak pernah ikut melaksanakan upacara bendera.
2. Kepala sekolah selalu datang terlambat dan jarang datang kesekolah dengan alasan rapat dan urusan dinas.
3. Tidak ada pembelian alat dana bahan praktek selama menjabat.
4. Tidak ada transparasi anggaran dana BOS.
5.Siswa yang ikut lomba menggunakan dana pribadi tanpa ada dukungan dari sekolah.
6. Siswa keberatan atas pemecatan guru secara sepihak.
7.Selama kepala sekolah belum diganti siswa keberatan mengikuti pelajaran.
8.Banyak siswa yang tidak pernah masuk sekolah tapi boleh mengikuti ujian asal membayar uang sekolah.
9.Kepala sekolah sangat Arogan dan diktator.
10.Bagi siswa yang berprestasi disekolah, untuk mengalirkan sertifikat atau surat penghargaan terhadap siswa harus bayar.
11. Selama pembelajaran seni budaya siswa tidak belajar karena guru seni budaya tidak ada.
12.Kepala sekolah tidak tidak mendukung biaya pertandingan atau perlombaan Paskibra tapi piala di duplikat.
13. Guru kewirausahaan mengajar produktif tata kulit dan rambut.
14.Guru honor komite mengeluh masalah gaji yang tidak dibayar hingga beberapa bulan.
15. Siswa sering kebersihan selama 1 les mata pelajaran setiap hari karena tukang kebun dipecat dan mata pelajaran les pertama terganggu.
16.Tidak pernah mengikut sertakan guru (khusunya guru produktif) saat membeli alat/bahan praktek, sehingga bahan yang dibeli salah.
17.Orang tua siswa mengeluh karena semenjak era kepala sekolah yang sekarang uang sekolah tidak turun.

Siswa juga menyoroti tindakan pemecatan guru atas nama Herdina Simbolan SPd yang merupakan guru tata kecantikan kulit dan rambut. Pemecatan terhadap guru ini dinilai siswa secara sepihak dan semena mena.

Kepala Sekolah SMK I Biru Biru Romauli Simbolon SSi, MM ditengah aksi demo menyampaikan kalau dirinya tidak pernah melakukan pemecatan terhadap guru yang dimaksud.

Guru kecantikan atas nama Herdina Simbolon SPd keluar dari sekolah menurut keinginan dirinya sendiri ” dia yang mengundurkan diri, itu disaksikan olah bendahara saya” ungkap Normauli dihadapan siswa.

Sementara salah seorang orang tua murid yang diminta keterangan mengatakan kalau semenjak kepala sekolah Normauli Simbolon menjabat di SMK I Biru Biru, tidak ada lagi subsidi untuk uang sekolah,

Dijelaskan Juli br Ginting wali siswa kelas XI, bahwa sebelum Romauli menjadi kepala sekolah uang sekolah di SMK I Biru Biru hanya 45 ribu/bulan, dan sejak dijabat oleh Normauli menjadi 70 ribu/bulan.

“Saat itu kami hanya diberi pilihan besaran biaya sekolah 70 ribu atau 80 ribu, tidak ada pilihan lain” ujar Juli br Ginting. (Heri)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN