Selasa, April 16, 2024

Ini Capaian Kinerja Pembangunan Pemkab Dairi Dipaparkan Bupati Eddy Berutu pada Musrenbang RKPD 2024

DAIRI– Kabupaten Dairi menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk anggaran tahun 2024, Selasa (14/3/2023) di Balai Budaya Sidikalang.

Musrenbang dibuka Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu yang ikut hadir Kepala Biro Administrasi Pembangunan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Rita Tavip Megawati, perwakilanGubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Dalam sambutannya, Eddy Berutu memaparkan berbagai prestasi yang telah diraih Pemkab Dairi.

Untuk sektor pengembangan UMKM, Pemkab Dairi pada tahun 2022 bekerja sama dengan Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan melakukan pelatihan. Warga Dairi memperingatkan sebanyak 5.000 orang dengan topik di antaranya Digital Enterpreneurship Academy (DEA), Vocational School Graduate Academy (VS GA) dan thematic academy (TA).

Capaian selanjutnya, untuk mewujudkan ketahanan ekonomi, pemerintah telah menyediakan lahan 500 hektar perluasan tanaman komoditas kopi dan jagung melalui program agregasi ekosistem tani dengan pembiayaan KUR tani dan KUR kemitraan pembiayaan dan pembeli.

“Pengembangan pertanian terpadu di Kecamatan Parbuluan, tepatnya di Desa Parbuluan V terus berbenah sebagai upaya peningkatan produksi pertanian,” ujar Eddy Berutu.

Masih di sektor pertanian, Eddy Berutu mengatakan atas kunjungan kerja Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbu yang meresmikan Kawasan Pertanian Terpadu sorgum dan jagung di Lau Mil, Tigalingga, tahun 2023 akan memberikan bantuan bibit jagung untuk 2000 hektar, bibit padi untuk 1000 hektar dan penangkar sorgum 20 hektar guna mendukung ketahanan pangan.

Di sektor infrastruktur, tahun 2022 kondisi jalan hotmix sepanjang 22,27 km, jalan pemeliharaan 13,80 km, dan pembukaan jalan 8 km.

“Untuk bantuan rumah tidak layak huni sebanyak 176 unit serta rehabilitasi drainase 660 meter,” kata Bupati.

Hasil dari musrenbang ini diharapkan komitmen seluruh pemangku kepentingan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan dan penganggaran dalam penyusunan kebijakan anggaran.

Turut hadir dalam musrenbang tersebut Sekretaris Daerah Budianta Pinem, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, Ketua Tim Penggerak PKK Dairi Romy Mariani Eddy Berutu, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (Nid)

 

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN