Kamis, Februari 22, 2024
KPU SUMATERA UTARAspot_img
KPU SUMATERA UTARAspot_img

Kabupaten Dairi Terima Piagam Penghargaan Pemprovsu 9 Kali WTP

DAIRI– Kabupaten Dairi mendapatkan piagam penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) atas keberhasilannya memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diselenggarakan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Utara Tahun 2022.

Penghargaan Piagam ini diserahkan langsung Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi kepada Bupati Dairi Eddy Berutu, Senin (14/8/2023), di Medan.

Dairi menerima penghargaan bersama 13 kabupaten/kota lain di Sumatera Utara dalam rangkaian kegiatan Kick Off Meeting menuju sepuluh tahun berturut-turut opini WTP atas Laporan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2023.

Ditemui usai kegiatan, Bupati Dairi menyampaikan penghargaan WTP ini merupakan hasil kerja tim yang bekerja sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Kita patut bersyukur WTP ke-9 yang ke-9 dari BPK juga mendapat apresiasi dari Pemprovsu sehingga kita diganjar piagam award. Ini adalah hasil kerja tim atas pertanggung-jawaban keuangan berdasarkan standar yang ditentukan pemerintah pusat,” ujar Eddy Berutu.

Ditambahkannya, bahwa piagam penghargaan ini adalah bentuk kesungguhan Pemkab Dairi yang bekerja secara transparan dan akuntabel atas penggunaan anggaran selama ini.

Dirinya pun berharap, tahun ini Kabupaten Dairi akan kembali menorehkan prestasi memperoleh opini WTP ke-10 untuk yang ke-10 kalinya.

“Bukan tidak mungkin kita meraih WTP untuk kali kesepuluh. Kami sangat memohon dukungan semua pihak, termasuk kolaborasi dan kerjasama untuk prestasi-prestasi berikutnya. Tentu terima kasih kami sampaikan kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan hingga pencapaian ini bisa dicapai,” tutupnya.

Sebelumnya dalam arahannya Gubsu menyampaikan bahwa WTP merupakan penilaian keuangan yang akuntabel yang dilakukan oleh BPK.

Namun, kata Gubsu, prestasi yang diperoleh itu jangan melintas begitu saja, hasilnya tak bisa dinikmati masyarakat.

“Penghargaan ini jangan lewat begitu saja.

Saya juga berharap semua kabupaten/kota tahun ini pun mendapat WTP. Kita harus berkolaborasi dan bekerjasama menuju yang terbaik. Mari sama-sama peduli di Sumatera Utara,” ucapnya.

Perwakilan Kemendagri, Wakil Ketua DPRD Provsu Harun Mustafa Nasution, Kepala Perwakilan BPK Sumut Eydu Oktain Panjaitan, bupati dan walikota se-Sumatera Utara, sekda kabupaten kota se-Sumut, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Provsu Drs.M.Ismael P Sinaga, serta tamu undangan lainnya.

Perlu diketahui bahwa kegiatan kali ini merupakan pertemuan tingkat pimpinan daerah dimulainya (launching) laporan keuangan daerah tahun 2023 dan internalisasi komitmen atas laporan keuangan yang akuntabel serta apresiasi pada daerah kabupaten/kota yang meraih WTP tahun 2022. (Nid)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN