Senin, Juli 22, 2024

Kalapas Sibolga Bacakan Sambutan Menkumham di Peringatan HUT ke 78 RI

Sibolga – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Sibolga, Indra Kesuma memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di lapangan olahraga Lapas Sibolga yang diikuti jajaran petugas dan warga binaan, Kamis (17/08/2023).

Peringatan HUT ke 78 RI dengan tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, Kalapas Sibolga membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly.

Dalam sambutannya, Menkumham menyampaikan, Indonesia pada periode tahun 2022-2023 telah memiliki posisi penting dalam memimpin arah dan tujuan kerjasama politik, ekonomi, dan sosial-budaya melalui peristiwa peran presidensi G20 di tahun 2022.

“Indonesia menerima tongkat estafet keketuaan ASEAN di tahun 2023, serta pemindahan ibu kota negara (IKN) tahun mendatang,” kata Yasonna dalam sambutan yang dibacakan Kalapas Sibolga.

Pada peringatan HUT ke 78 RI ini, Yasonna menyampaikan bahwa pemerintah memberikan remisi kepada 175.510 orang narapidana.

“Saya ucapkan selamat atas remisi tahun ini bagi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas/Rutan/LPKA seluruh Indonesia. Saya berpesan, tunjukkan sikap dan perilaku yang lebih baik lagi dalam mengikuti seluruh tahapan, proses, kegiatan program pembinaan di masa yang akan datang,” ucap Yasonna.

“Khusus Warga Binaan Pemasyarakatan yang mendapatkan remisi sekaligus memperoleh kebebasan untuk kembali ke tengah masyarakat, keluarga dan sanak saudara, saya ucapkan selamat menjalin kebersamaan dengan lingkungan masyarakat,” tuturnya.

Di tempat berbeda, Lapas Sibolga juga mengikuti upacara dan penyerahan remisi umum oleh Pj Bupati Tapanuli Tengah di Lapangan Gor Pandan dengan menghadirkan perwakilan Warga Binaan Pemasyarakatan.

Pada tahun ini Lapas Sibolga mengusulkan 682 orang warga binaan untuk mendapatkan remisi, terdapat 9 orang warga binaan dengan kasus Pidana Umum akan langsung bebas pada hari ini. (Syaiful)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN