Jumat, Mei 3, 2024

LPKA Palu Gelar Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Massal Pegawai dan Anak Binaan Sambut HBP Ke-60 Tahun

Palu – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar kegiatan pemeriksaan Kesehatan dan pengobatan massal bagi pegawai dan anak binaan, Jumat, (19/4) Pagi.

Kegiatan dalam rangka menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 Tahun itu, merupakan sinergi Klinik Ceria LPKA bersama Puskesmas Bulili dan Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako (Untad).

Tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut untuk memberikan kepastian pelayanan hak Kesehatan para pegawai dan anak binaan terpenuhi dengan baik.

Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun mengatakan, kegiatan tersebut merupakan komitmen LPKA Palu dalam menjaga Kesehatan para anak binaan selama menjalani masa pembinaan.

“Selain anak binaan, para pegawai juga dilakukan pemeriksaan dan pengobatan guna mewujudkan Pemasyarakatan Sehat. Kita juga berharap dari rangkaian kegiatan yang telah dilakukan dapat mencegah penularan penyakit dengan menerapkan pola hidup sehat,” kata Revanda

Revanda menjelaskan, kegiatan penyuluhan dan skrining Kesehatan dilakukan secara berkala per bulan rutin yang dilaksanakan LPKA Palu bersama Puskesmas Bulili serta dalam pemenuhan layanan kesehtaan pihaknya juga menghadirkan inovasi KPK (Konsultasi Pelayanan Kesehatan) yang terus siap 1×24 jam. “Ini komitmen bersama yang kita bangun, Kesehatan itu penting. Mari kita jaga bersama dengan perilaku hidup yang baik dan bersih,” tegas Revanda.

Bertempat di Ruang Aula Terbukam sebanyak 50 orang pegawai dan 18 orang anak binaan melakukan konsultasi kesehatan yang ditangani langsung oleh dr. Gerald dari Puskesmas Bulili dan dr. Alfika dari Fakultas Kedokteran Untad yang didampingi oleh perawat LPKA Palu.

Selanjutnya, dr. Gerald menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada Kepala LPKA palu yang terus berupaya memastikan para pegawai dan anak binaannya tetap dalam keadaan sehat. “LPKA Palu merupakan salah satu contoh dalam penerapan pola hidup sehat, mulai dari penyediaan air bersih, MCK yang terjaga, dapur higenis, gizi pada makanan terpenuhi, dan pemeriksaan rutin,” ungkap dr.Gerald

“Inovasi layanan KPK juga memberikan warna tersendiri. Hal ini memastikan bahwa jajaran di LPKA Palu sangat proaktif dalam mewujudkan Pemasyarakatan Sehat,” tambah dr. Gerald

Senada dengan hal tersebut, Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar berharap, melalui kegiatan pemeriksaan Kesehatan bagi pegawai dapat meningkatkan produktivitas guna memberikan pelayanan PASTI, yakni Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan inovatif kepada seluruh masyarakat.

Bukan hanya itu, Kakanwil Hermansyah juga memberikan dukungan bagi para anak binaan agar menjadi generasi muda yang sehat dan cerdas menuju Indonesia Emas 2045.

“Pemeriksaan Kesehatan massal ini merupakan bentuk kepedulian terhadap Kesehatan pegawai dan anak binaan, mari bersama kita wujudkan pemasyarakan sehat,” pungkas Kakanwil Hermansyah.(Rel)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN