Selasa, April 16, 2024

Oknum PNS Kemendagri Tipu Ratusan Juta Warga Medan, Modus Bisa Loloskan IPDN

Medan – Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumut akhirnya meringkus Odi Satria Nugraha, oknum pegawai negeri sipil (PNS) Kemendagri yang melakukan penipuan modus masukkan warga menjadi IPDN.

Berdasarkan pengakuan oknum pegawai negeri sipil (PNS) Kemendagri, Odi Satria Nugraha, uang ratusan juta hasil menipu warga Kota Medan itu ia gunakan untuk keperluan pribadi.

“Hasil penyidikan bahwa uang dari hasil kejahatan itu untuk kepentingan sendiri, untuk keperluan sendiri,”kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Rabu (18/1/2023).

Disinggung soal kemungkinan adanya keterlibatan pejabat BKN dan di Kemendagri, Polda Sumut menyebut tak menemukan hal tersebut.

Kemendagri

Polisi tetap memastikan penipuan itu dijalankan oleh tersangka Odi Satria Nugraha untuk meraup keuntungan pribadi.

“Tidak ada aliran ke mana pun, tidak,”katanya.

Purna Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) jadi calo calon Praja dan sudah menipu korbannya hingga Rp 670 juta.

Menurut pelapor, Chairunisa Nasution, modus pelaku dengan menjanjikan adiknya bernama Sania Sarah untuk masuk ke sekolah IPDN, dengan imbalan sejumlah uang tunai.

Ia mengaku mengalami kerugian mencapai Rp 670 juga yang telah disetorkan kepada pelaku.

“Pelaku ini mengaku dirinya adalah tangan kanan Kepala BKN, sehingga dengan mudah bisa memasukkan orang menjadi Calon Praja IPDN 2022 dan PPPK 2023,” kata Chairunisa Senin (2/1/2023) lalu.

Chairunisa mengatakan, awalnya pelaku menawarkan jasa dengan jumlah uang sebesar Rp 550 juta dan menjanjikan adiknya akan lolos dalam seleksi IPDN saat rekrutmen tahun 2022 silam.

Setelah menyetorkan ratusan juta kepada pelaku, ternyata adiknya tidak terdaftar dalam lampiran peserta yang lolos.

Kemendagri
Ilustrasi

Kemudian pelaku kembali meminta uang kepada keluarga korban dengan nilai Rp 550 juta, dengan alasan agar bisa menggeser peserta lain.

“Alibinya mau nimpa anak jenderal dari Mabes Polri, yang juga ikut dalam seleksi itu,” bebernya.

Chairunisa mengaku percaya dengan pelaku, lantaran antara dirinya dengan Odi Satria Nugraha merupakan teman dari masa sekolah dulu.

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN