Jumat, Mei 24, 2024

Peringatan Hari Otonomi Daerah, Bupati Dairi: ASN Harus Kreatif dan Inovatif dalam Pelayanan Masyarakat

DAIRI – Mengambil tema “Otonomi Daerah Maju Indonesia Unggul”, Pemerintah Kabupaten Dairi melaksanakan Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVII tahun 2023 di halaman Kantor Bupati Dairi, Sidikalang, Sabtu (29/4/2023).

Peringatan ini seyogianya diperingati pada 25 April lalu, namun karena bertepatan dengan hari libur nasional perayaan Hari Raya Idul Fitri, peringatan dilaksanakan pada 29 April hari ini.

Bertindak selaku inspektur upacara, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu dengan komandan upacara Plt.Kasatpol PP, Junihardi Siregar.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, peringatan hari Otonomi Daerah ke-XXVII yang jatuh setiap tanggal 25 April tersebut telah terbukti banyak manfaat dan kebaikan yang dirasakan masyarakat selama 27 tahun perjalanan penyelenggaraan otonomi daerah.

Penyelenggaraan otonomi daerah, kata Bupati, merupakan pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah guna mendekatkan layanan kepada masyarakat serta meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah dalam mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Perlu kiranya kita melakukan refleksi sejenak untuk kembali memahami esensi filosofis dari otonomi daerah ini, dalam setiap tugas dan tanggungjawab kita,” kata Bupati.

Selanjutnya Eddy Berutu meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk meningkatkan dedikasi dan senantiasa melakukan inovasi-inovasi dalam optimalisasi pelayanan kepada masyarakat.

“ASN dan seluruh pegawai pemerintahan harus bergerak maju, kreatif, dan inovatif sekaligus ikut bertanggung jawab dalam setiap urusan pelayanan masyarakat,” ucap Eddy Berutu lagi.

“Saya berharap, peringatan Hari Otonomi Daerah kita jadikan sebagai sarana menentukan kebijakan dan pemantapan pelaksanaan otonomi daerah untuk mewujudkan ASN yang proaktif, untuk menuju Indonesia Emas tahun 2045. Juga mewujudkan Dairi Unggul yang mensejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman. Selamat Hari Otonomi Daerah, semoga Tuhan melindungi kita,” katanya mengakhiri.

Turut hadir, perwakilan Forkompimda, Sekda Budianta Pinem, para asisten, staf ahli dan kepala OPD serta para ASN di Pemkab Dairi.

Sebagai informasi, Hari Otonomi Daerah ini ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 1996. Tanggal 25 April ditetapkan sebagai Hari Otonomi Daerah, dalam rangka memasyarakatkan dan memantapkan pelaksanaan otonomi di daerah. (As)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN