Minggu, Juni 16, 2024

Raimuna Cabang Sibolga Padukan Dengan Prestasi, 10 Trophy Diperebutkan

Sibolga – Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Sibolga melaksanakan Raimuna Cabang Tahun 2023, di Bumi Perkemahan Aek Parombunan, Kecamatan Sibolga Selatan, Kamis (5/10/2023).

Kegiatan Raimuna kali ini diikuti oleh 10 kontingen Pramuka Penegak yang terdiri dari 8 gugus depan (SLTA sederajat) se Kota Sibolga dan 2 dari Tapteng. Setiap sekolah mengirimkan 20 orang, sehingga total keseluruhan 200 orang (peserta).

Wali Kota Sibolga, H. Jamaludin Pohan yang diwakili asisten II, Hendra Darmalius saat membuka (meresmikan) kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan Raimuna tidak hanya sebagai pesta ataupun euforia.

“Tapi kita petik bagaimana makna menyatukan pendapat, menunjukkan prestasi, melatih mental dan juga menyatukan ide-ide positif khususnya untuk pembangunan Kota Sibolga. Karena kalian lah penerus bangsa ke depan,” tuturnya.

Selain itu, kata Hendra, peserta Raimuna diharapkan dapat menghindari hal-hal yang negatif, seperti penggunaan narkoba, lem kambing serta tawuran antar pelajar.

Hendra juga mengingatkan peserta Raimuna, di era digital saat ini agar menggunakan sosial media dengan sebaik-baiknya dan menghindari hal-hal yang berbau hoaks (tidak menyebarkan hoaks).

Lebih lanjut, Hendra menyampaikan apresiasi untuk Kwartir Cabang Kota Sibolga, semoga pelaksanaan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan sukses.

“Untuk adik-adik tetap sehat dan semangat,” timpalnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Kwarcab Pramuka Kota Sibolga, Arya Wirawan Panjaitan, menyampaikan, Raimuna ini adalah kegiatan pesta pertemuan Pramuka penegak dan pandega se wilayahnya. Dimulai dari Raimuna Nasional dan daerah yang telah terlaksana bulan Agustus lalu.

Namun kali ini, kata Arya, Kwartir Cabang Sibolga melaksanakan Raimuna Cabang untuk yang kedua kalinya di Kota Sibolga.

“Pertama sekali kita laksanakan pada tahun 2011 lalu, karena Raimuna ini pesta pertemuan penegak sekali dalam 5 tahun,” bebernya.

Arya mengatakan, pada kegiatan Raimuna ini dipadu dengan kegiatan perlombaan.

“Seyogyanya, Raimuna ini hanya bersifat pesta yaitu ajang penampilan pentas seni, kreasi, baik itu ada pemaparan-pemaparan dari para narasumber,” terang Arya.

“Tetapi Raimuna Cabang Sibolga memadukan dengan prestasi, maka dalam kegiatan kali ini kita ada memperebutkan 10 trophy kegiatan lomba yang akan diperebutkan oleh adik-adik peserta,” sambungnya.

Arya mengungkapkan, selama ini gugus depan selalu melakukan kegiatan di gugus depan, tetapi muaranya tidak ada. Sehingga pada kesempatan ini, apa yang telah dilatihkan di gugus depan, dapat ditampilkan dalam perlombaan.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi motivasi buat adik-adik agar terus berlatih dan giat mengembangkan ilmu kepramukaannya,” katanya.

Arya berharap, pada perlombaan ini tetap menjaga sportifitas dan semangat.

“Karena ini juga akan menjadi bekal kepada adik-adik nantinya. Dan, kepada kakak-kakak dewan juri pembina, nilailah dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan Satya Dharma Pramuka,” pungkasnya. (Syaiful)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN