Minggu, September 8, 2024

Wali Kota Sibolga Resmikan Pasar Ikan Modern, Ikon Sibolga Kota Ikan

Sibolga – Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan resmikan Pasar Ikan Modern Kota Sibolga dan menyerahkan pengelolaannya kepada Direktur Utama (Dirut) PD Sina Kota Sibolga, M Irwansyah Simanjuntak di Gedung Pasar Ikan Modern Kota Sibolga, Jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga, Rabu (17/7/24).

Plt Kepala Dinas Perikanan Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Sibolga, Anwar Sadat dalam laporannya mengatakan, tujuan peresmian ini agar Gedung Pasar Ikan Modern Kota Sibolga dapat dioperasionalkan dan dimanfaatkan.

Adapun sasaran yang ingin dicapai antara lain tersedianya tempat yang layak dan modern untuk bertransaksi yang akan mengakomodir seluruh pedagang ikan yang ada di Kota Sibolga.

Kemudian, meminimalisir potensi kerumunan yang selama ini timbul akibat pemakaian badan jalan sebagai lokasi berjualan sehingga menimbulkan kemacetan. Dan penyerapan hasil perikanan khususnya hasil perikanan tangkap serta peningkatan ekonomi masyarakat dan sebagai lokasi wisata kuliner sekaligus sebagai ikon Kota Sibolga.

Dikesempatan yang sama, Wali Kota Sibolga dalam sambutannya mengatakan, karena pembangunan Gedung Pasar Ikan Modern Kota Sibolga ini memang masih banyak kekurangan, dirinya berharap masukan dan saran dari masyarakat.

Pembangunan Gedung Pasar Ikan Kota Sibolga ini semata-mata untuk kepentingan masyarakat khususnya para pedagang yang di luar (pinggir jalan) agar terhindar dari hujan dan panas.

“Wali Kota nggak ada menguasai ini, nggak ada saudara Wali Kota yang jualan di sini, tidak ada. Silahkan ikuti aturan, mau jualan kuliner di atas, silakan ikuti aturan, yang di pinggir jalan wajib masuk ke dalam, nggak boleh lagi di luar,” tegasnya.

Jamaluddin Pohan juga menyampaikan dengan dibangunnya Gedung Pasar Ikan Modern ini sehingga masyarakat dapat menggunakannya.

“Supaya masyarakat semuanya bisa menikmati, jangan hanya segelintir yang menikmati. Semua kita harapkan bisa bermanfaat, sebab kita menyadari bahwa Kota Sibolga adalah Kota Ikan. Jadi perlu kita tunjukkan kepada masyarakat luas,” kata Jamal.

Tak hanya itu, Jamal juga menyatakan dirinya siap menerima saran dan kritik yang membangun apabila ada hal-hal yang perlu dibenahi.

“Saya sebagai putra daerah, sampaikan nanti apa kekurangan pemerintah. Apa kekurangan Pasar ini sampaikan. Kita perbaiki bersama-sama,” pintanya.

Tak lupa, Jamaluddin Pohan juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada semua pihak yang telah bersama-sama saling mendukung program dan rencana pembangunan Gedung Pasar ikan Modern Kota Sibolga ini.

“Akhirnya, dengan memohon ridho dari Tuhan Yang Maha Esa dan atas izin kita semua, Pembangunan Gedung Pasar Ikan saya nyatakan dibuka secara resmi,” ucapnya. (Syaiful)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN