Minggu, September 8, 2024

Wali Kota Sibolga Santai Hadapi Pendemo Acara Peresmian Pasar Ikan Modern

Sibolga – Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan didemo sekelompok warga saat meresmikan pengoperasian Gedung Pasar Ikan Modern Sibolga (PIM), Rabu (17/7/24).

Sekelompok pendemo, yang membuat riuh di acara peresmian tersebut mengaku sebagai pedagang ikan. Bahkan, anggota DPRD Sibolga terpilih periode 2024-2029, Abdul Yazid Tampubolon, juga tampak berafiliasi atau bergabung dengan kelompok pendemo.

Di acara peresmian, massa pendemo menyampaikan sikap penolakan direlokasi dari Pasar Mina dengan alasan meragukan kualitas bangunan Gedung PIM.

“Kami merasa tidak nyaman menempati Gedung ini, karena belum selesai. Sejumlah peralatan penguat pondasi cor bangunan di dalam laut belum terpasang,” teriak pendemo.

Situasi sempat tegang dan membuat sejumlah Personil dari TNI-Polri sedikit bereaksi memberikan pengarahan kepada sekelompok orang tersebut.

Disisi lain, banyak pihak mengapresiasi Pemkot Sibolga mendirikan Gedung PIM sebagai solusi mengatasi permasalahan kemacetan arus lalu lintas, di ruas jalan sekitar Pasar Mina.

“Hidup pak Walikota Sibolga. kami dukung bapak,” teriak warga saat peresmian dimulai.

Dalam situasi itu, Jamaluddin terlihat santai dan bijaksana menghadapi aksi massa. Dia menghargai sikap pendemo dan membuka ruang audiensi dengannya.

“Kalau ada yang dinilai kurang, silahkan berikan masukan kepada kami (Pemkot Sibolga). Saya siap menerima audensi untuk berdialog. Sekarang zaman sudah demokrasi pemerintah ada, hukum ada aturan ada kecuali walikota anti kritik,” ucap Jamaluddin Pohan.

Wali Kota menegaskan, Gedung Pasar Ikan Modern dibangun untuk kebersamaan, bukan untuk pribadi Wali Kota, akan tetapi untuk para pedagang yang ada di luar pasar dan diberikan tempat yang layak.

“Pasar Ikan Modern Sibolga adalah salah satu icon Sibolga sebagai Kota Ikan dan juga sebagai produsen ikan. Kita bersaudara semua tujuan kita ini untuk masyarakat dan memikirkan perputaran ekonomi para pedagang supaya bisa berjualan dengan pantas tidak kena hujan dan panas,” kata Jamaluddin Pohan.

Wali Kota juga berharap supaya jalan Ahmad Dahlan bisa dimanfaatkan sesuai peruntukannya, kemudian jalan SM Raja bisa di atur kendaraannya.

“Di atas gedung pasar modern juga bisa jual makanan dan minuman, gak ada saudara Wali Kota yang jualan disitu gak saya kasih. Namun silahkan ikuti aturannya. Dengan berdirinya pasar ini bisa semua terayomi. Dan semua pedagang ikan wajib masuk ke dalam tidak ada lagi yg diluar,” timpal Jamaluddin Pohan. (Syaiful)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN