Minggu, April 28, 2024

Bupati Dairi: Perpustakaan Raja Naga Jambe Jadi Loncatan Baru Dunia Literasi di Dairi

DAIRI – Untuk meningkatkan pelayanan bagi siswa agar menjadi generasi yang cerdas, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dairi menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Tahun 2023 bersama para pengelola perpustakaan sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Dairi.

Acara ini dibuka Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, Kamis (24/8/2023), di Aula Perpustakaan Dairi Raja Naga Jambe Sidikalang.

Dalam bimtek yang akan berlangsung selama dua hari ini, Bupati mengatakan bahwa perubahan di sekitar kita begitu cepat, sehingga diharapkan dengan apa yang dilakukan dalam bimtek selama dua hari ke depan ini bisa menjadi nilai tambah yang berdampak baik bagi lingkungan kita.

“Saya ingin kegiatan ini menghasilkan inovatif. Gagasan inklusi sosial itu sangat mudah diucapkan namun sulit dilakukan. Dan perpustakaan ini jadi loncatan baru bagi Kabupaten Dairi bahwa inklusi sosial itu bisa dipraktekkan. Kita belajar literasi di sini lalu kita praktikkan dengan membagikan ilmu yang kita peroleh di sekitar kita,” katanya.

Bupati mengatakan ide membangun perpustakaan daerah seperti Raja Naga Jambe ini adalah hasil dari diskusi dan penelitian dengan banyak pihak guna meningkatkan minat baca bagi masyarakat Dairi.

Untuk itu, kata Eddy Berutu, Ia ingin masyarakat juga memanfaatkan fasilitas ini untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya dengan melahirkan minatnya terlebih dahulu.

“Kita ingin perpustakaan ini semakin maksimal, apa yang harus kita tingkatkan? Adalah minat membaca dan literasi generasi warga Dairi ini untuk hadir dan membaca di perpustakaan ini. Indeks literasi dan numerasi kita terbaik di Sumut, dengan fasilitas bagus ini prestasi itu harus kita jaga,” tutupnya.

Hadir dalam pembukaan Bimtek ini, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Marisi Sianturi, Bunda Literasi Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata Eddy Berutu.

Bimtek ini juga menghadirkan nara sumber, Erikson Pakpahan dari Dinas Perpustakaan Sumut dan Ketua aadvokasi Jurusan Perpustakaan Universitas Sumatera Utara Hotlan Siahaan. (Nid)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN