Jumat, Mei 3, 2024

Praktik Baik Penurunan Stunting di Kecamatan, Bupati Dairi: Stunting Bisa Kita Cegah Sejak Dini

DAIRI – Praktik Baik Percepatan Penurunan Stunting di Desa Tupak Raja, Kecamatan Gunung Sitember, menggelar Kegiatan Bina Balita Holistik Integratif yang dirangkai dengan Kegiatan Pelayanan dan Penyuluhan KB yang digelar di Los milik Desa Tumpak Raja, Kecamatan Gunung Sitember pada Rabu 23 Agustus 2023.

Bupati Dairi Eddy Berutu bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani yang turun langsung meninjau kegiatan ini tampil menjadi motivator dan penyemangat di tengah-tengah warga desa yang terlibat dalam kegiatan ini.

Setengah cerita, Bupati Eddy Berutu menjelaskan bahwa stunting itu bukan aib yang harus disembunyikan. Sebab stunting tidak hanya dialami oleh bayi dan balita dari golongan ekonomi lemah (miskin), namun juga dari kalangan ekonomi menengah ke atas.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, stunting itu karena lingkungan, bukan genetik. Kalau faktor lingkungan diperbaiki bisa membaik.

Menurutnya, mencegah stunting ada di 1.000 hari pertama kehidupan saat anak lahir.

“Mencegah stunting juga harus dilakukan dengan memenuhi kebutuhan gizi sejak anak dalam kandungan, memberikan ASI eksklusif sampai bayi berusia 6 bulan, memberikan MPASI sehat sebagai makanan pendamping ASI, Imunisasi, terus memadukan tumbuh kembang anak, serta selalu menjaga kebersihan lingkungan.” ujar Eddy Berutu menjelaskan.

Dan tidak lupa Bupati Eddy Berutu mengingatkan, bahwa salah satu faktor penyebab yang cukup berpotensi menyebabkan Stunting pada anak adalah usia pernikahan dari kedua orang tuanya. Di mana usia pernikahan harus pada usia dewasa, jangan menikah jika usia belum cukup umur.

“Kegiatan Bina Balita Holistik Integratif yang dirangkai dengan kegiatan pelayanan dan penyuluhan KB ini menjadi kegiatan yang sangat penting di tengah masyarakat kita dalam upaya percepatan penurunan stunting,” ucap Eddy Berutu.

Masih dari penuturan Bupati Eddy Berutu, percepatan penurunan stunting adalah program prioritas pemerintah dari pusat hingga daerah, sebagaimana yang disampaikan langsung Presiden Joko Widodo dalam pidatonya di HUT RI yang ke-78 beberapa waktu lalu dalam menyongsong visi Indonesia Emas 2045. di mana negara kita genap berusia 100 tahun, untuk menjadi negara maju.

“Anak-anak yang lahir di saat ini, di tahun tersebut sudah memasuki usia-usia produktif dan menjadi generasi penerus bangsa, sehingga saat ini negara kita termasuk Pemkab Dairi sedang mempersiapkan generasi-generasi penerus kita harus sehat, cerdas, kreatif, dan produktif untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maju,” kata Eddy Berutu.

“Sementara, anak-anak yang stunting umumnya belum mampu bekerja produktif di usianya yang saat itu sudah tumbuh dewasa karena harus membutuhkan dukungan dari orang terdekat. Sehingga pemerintah kita sangat gencar melakukan percepatan penurunan stunting,” ucapnya.

Dari data yang diperoleh, Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan Desa Tupak Raja angka stunting sangat tinggi, yakni terdapat 42 orang atau 37,5%. Untuk itu, Pemkab Dairi bersama mitra kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi terus berupaya keras dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan stunting yang merupakan bagian dari upaya mewujudkan mis Pemkab Dairi dalam membangun kualitas Sumber Daya Masyarakat (SDM masyarakat) Dairi yang cerdas, sehat, berbudaya dan berdaya berkata.

Pada kesempatan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Dairi Romy Mariani menambahkan bahwa dalam mendukung pemerintah menurunkan stunting, informasi PKK sudah memiliki suatu sistem yakni sistem dasawisma (sidasa). Sidasa ini akan membantu program pemerintah khususnya di desa, kecamatan dan kabupaten untuk melihat data yang sesungguhnya

“Data yang akurat untuk mengambil keputusan yang akurat. Sidasa ini akan hadir dalam bentuk aplikasi, yakni aplikasi sidasa. Ini sangat membantu, semoga stunting di Desa Tupak Raja dapat turun hingga di angka 14% sesuai dengan target yang sudah dicanangkan,” pungkas Romy Mariani.

Selain itu, Romy Mariani menerangkan Pemkab Dairi sudah melakukan beberapa pelayanan langsung kepada masyarakat, yakni pelayanan administrasi kependudukan, pelayanan KB, pelayanan posyandu serta peningkatan kapasitas tutor PAUD.

Turut hadir dalam kegiatan Praktik Baik Sekretaris Dinas Pemerintah Desa dan Masyarakat Agel Siregar, Kepala Dinas P3AP2KB Ruspal Simarmata, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Deddy Situmorang, Kepala Dinas Kesehatan dr. Henry Manik, Camat Gunung Sitember Jonathan Ginting serta Kepala Desa se-Kecamatan Gunung Sitember. (As)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN