Minggu, April 28, 2024

Bupati Eddy Berutu Bagikan Pupuk Hayati Cair Kepada Masyarakat Parbuluan

DAIRI – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu melakukan kunjungan kerja ke Dusun II Sibira, Desa Parbuluan VI, Kecamatan Parbuluan, Kamis (1/2/2024). Pada kesempatan tersebut, Eddy Berutu membagikan Pupuk Hayati Cair (PHC) atau pupuk hayati cair kepada 18 kelompok tani atau sekitar 360 petani.

“Pemberian pupuk ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan pertanian seperti akar lobak padatanaman kol, lay karena bakteri pada tanaman hortikukurtura, serta lay karena jamur pada tanaman hortikukurtura,” katanya.

Selain melindungi tanaman hortikultura, kata Eddy Berutu, PHC juga menguntungkan tanaman kopi.

“Keuntungannya berupa perlindungan dari penyakit tular tanah dan juga pembentukan mikrobioma yang membantu tanaman kopi untuk mendapatkan nutrisi (makanan) yang tersedia di dalam tanah,” katanya.

Eddy juga menjelaskan, program-program yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Dairi merupakan langkah nyata untuk mewujudkan visi Dairi Unggul dan Agri Unggul.

“Upaya segala yang tentu kita lakukan, mulai pembentukan kawasan pertanian terpadu (KPT), penyediaan sarana dan prasarana, bermula dengan perbankan dalam fasilitas KUR, termasuk pemberian Puskesmas yang kita lakukan hari ini,” ucapnya.

Disampaikan Eddy, penggunaan pupuk hayati juga dapat mendukung pertanian organik guna menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan berkualitas. (Nid)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN