DAIRI – Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu menjadi salah satu pembicara dalam acara Rapat Koordinasi (Rakornas) Bidang Perpustakaan Nasional di Jakarta, Senin (6/3/2023).

Acara Rakornas yang dibuka langsung Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando, Bupati Eddy Berutu membawakan bahan Implementasi Pembangunan urusan perpustakaan diKabupaten Dairi.

Dihadapan peserta Rakornas, Bupati Eddy Berutu berpikir terima kasih Kepala Perpustakaan Nasional mempercayakan dirinya sebagai salah satu pembicara. Bagi Bupati, ini adalah kesempatan besar untuk memaparkan soal Perpustakaan baru di Kabupaten Dairi sekaligus menyampaikan potensi daerahnya.

“Terima kasih kepada bapak Kepala Perpustakaan Nasional yang telah memberikan kepercayaan untuk menjadi pembicara di Rakornas. Terima kasih juga atas anggaran yang dikucurkan oleh Perpustakaan pusat untuk pembangunan Perpustakaan Dairi,” kata Bupati Eddy Berutu.

Menurut Bupati, pembangunan gedung Perpustakaan di Taman Rekreasi Sidikalang nantinya dilengkapi dengan fasilitas layanan lengkap. Kemudian, Perpustakaan yang dimaksud nyaman bagi warga Dairi.

“Saya berharap dengan adanya gedung Perpustakaan yang baru maka literasi masyarakat di Kabupaten Dairi semakin meningkat. Dengan begitu, visi misi Kabupaten Dairi untuk mewujudkan Dairi Unggul dapat terwujud,” katanya.

Bupati juga menjelaskan, gedung Perpustakaan Umum Daerah juga diharapkan menjadi tempat berkegiatan masyarakat untuk bertukar ilmu dan tempat berdiskusi.

“Perpustakaan itu akan menjadi wadah untuk mendapatkan solusi dari permasalahan masyarakat seperti permasalahan ekonomi, sosial melalui program-program inklusi sosial yang terdapat di Perpustakaan,” tutur Eddy Berutu.

Sebagai informasi, Rakornas yang dihadiri lebih dari 900 orang menghadirkan beberapa narasumber.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Selain itu, Bunda Literasi Kabupaten Magelang, Ketua Umum IKAPI. (As)