Minggu, April 28, 2024

Bupati Eddy Berutu: Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula Tentukan Kualitas Pemilu

DAIRI  – Pendidikan politik bagi pemilih pemula pada dasarnya bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan pemahaman akan politik itu sendiri yang akan menentukan kualitas Pemilu itu sendiri.

“Partisipasi pemilih pemula pada pemilu mendatang sangat mempengaruhi kualitas pemilu. Sebab semakin banyak atau tingginya partisipasi warga menggunakan hak pilihnya maka semakin berkualitas Pemilu yang dilaksanakan lima tahun sekali ini,” kata Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu saat membuka sosialisasi pendidikan politik, pengembangan etika dan budaya bagi masyarakat yang diselenggarakan Badan Kesbangpol, di Balai Budaya Sidikalang, Rabu (15/11/2023).

Bupati juga mengajak peserta untuk membangun persepsi yang sama dalam menjalani tahun politik yang berkembang dalam proses Pemilu mendatang.

“Kegiatan ini memang kewajiban pemerintah dalam menjalankan demokrasi sesuai amanat Mendagri tentang pedoman dan fasiltasi pendidikan politik namun yang sangat penting para pemilih juga harus cerdas dalam menentukan pilihannya karena ini menentukan masa depan bangsa Indonesia. Kalau kita salah pilih, butuh waktu lama menunggu pemilihan berikutnya,” katanya berakhir.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini Komisioner KPU Aryanto Tinendung, serta menghadirkan para tokoh masyarakat, perwakilan kecamatan dan para pelajar SMA sederajat sebagai pemilih pemula. (As)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN