Senin, Juli 22, 2024

PWI Sumut Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Orientasi, Ini Kata Farianda Sinik

Karo – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara (Sumut) menggelar Pelatihan Jurnalistik dan Orientasi kepada Anggota Muda PWI Sumut. Kegiatan ini diikuti sebanyak 120 Anggota Muda PWI.

Kegiatan tersebut sudah lama tidak dilakukan, namun dibawah kepemimpinan Farianda Putra Sinik program PWI itu dihidupkan kembali.

Dengan mengusung tema ‘Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Semangat Berorganisasi Anggota PWI Sumut”. Kegiatan ini diselengarakan 15-16 November 2023 di Hotel Rudang, Berastagi, Kabupaten Karo.

Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik, menyampaikan bahwa pelaksanakan kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja PWI Sumut yang sudah dicanangkan.

“Ada 10 program saya, mayoritas program pendidikan, ke depan juga akan kita buka selebar-lebarnya uji komptensi,” kata Farianda saat memberikan sambutannya sekaligus membuka kegiatan, di Rudang Hotel Berastagi, Rabu (15/11).

Dia menjelaskan, kegiatan ini juga bertujuan agar anggota muda PWI Sumut nantinya dapat memahami aturan-aturan di PWI. Sehingga seluruh anggota harus diberikan pembekalan.

Farianda menambahkan, PWI Sumut juga sudah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Di mana nantinya, bila ada anggota PWI yang kemalangan akan dicover oleh BPJS Ketenaga Kerjaan.

PWI SUMUT

“Anggota PWI ada Jaminan Kematian dan jaminan kecelakaan, Kesehatan dan Hukum. Hal ini agar anggota PWI bermanfaat. Mudah-mudahan semua tercover, bahkan untuk anak-anak anggota PWI akan diusahakan,” tungkasnya.

Farianda menyebut, Anggota PWI harus punya sense of belonging. “Itulah makanya, wartawan yang mendaftar sebagai anggota harus kita berikan pelatihan dan orientasi, dan pembekalan keorganisasian.”

“Kita harus tumbuhkan rasa ke-PWI-an, kita harus bangga jadi anggot PWI,” tegas Farianda lagi.

Sementara itu, Bupati Karo Cory Sebayang yang diwakili Asisten III, Mulianta Tarigan mengucapkan selamat datang kepada peserta orientasi PWI Sumut. Dia juga berpesan agar para wartawan dapat menyajikan informasi yang faktual di era digitalisasi ini.

“Dalam era digital dunia tanpa pagar, semua dapat berbicara tanpa sekat. Wartawan dituntut untuk menyajikan informasi yang faktual, cepat dan berkualitas,” ujarnya.

Dengan demikian, Dia berharap kedepan agar PWI Sumut terus meningkatkan meningkatkan kompetensi wartawan. Dalam kesempatan itu, Mulianta memaparkan tentang potesni pertanian yang ada di Kabupaten Karo.

PWI SUMUT

“Pemkab Karo memiliki sektor pertanian yang bisa jadi andalkan. Maka saya mengaharapkan rekan-rekan pers bisa turut membantu mempublikasikan sektor tersebut,” sebutnya.

Ditempat yang sama, Kapolres Tanah Karo diwakili Kabagrem Kompol H Matondang mengatakan, dari kegiatan ini diharapkan para wartawan dapat menjaga etika. Etika berbicara, etika membuat berita.

“Antara PWI dan Polri merupakan satu hati yang tak dapat dipisahkan. Harapan saya Jalin kerjasama yang baik, kedepannya mudah-mudahan PWI semakin berintegritas,” akhirnya. (As/red/wpd)

 

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN