Sabtu, April 27, 2024

Bupati Tegaskan Kemitraan dan Penyediaan KUR oleh Bank Sumut Perlu Ditingkatkan

DAIRI – Kemitraan yang dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi dengan Bank Sumut yang selama ini berjalan perlu terus ditingkatkan dengan berbagai variasi.

Hal ini tentunya akan berdampak positif bagi masyarakat secara finansial. Hal tersebut disampaikan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu saat menerima tim dari Bank Sumut Cabang Sidikalang yang dipimpin Edy Primsa B. Pertemuan ini membahas layanan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk sektor pertanian dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di ruang rapat bupati, di Sidikalang, Selasa (25/7/2023).

“Sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo bahwa komitmen perusahaan jasa sektor keuangan untuk memperlancar kredit ke segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan persenjataan perlu ditingkatkan, apalagi kredit di dua sektor seperti UMKM dan alat dan mesin pertanian (Alsintan) hingga saat ini masih rendah ,” kata Bupati.

Sebagai kabupaten yang 80 persen masyarakatnya menggantungkan hidup dari usaha bertani, dengan 45 % PDRB-nya bersumber dari sektor ini, Bupati menjelaskan bahwa upaya memenuhi kebutuhan sektor penting ini melalui peningkatan sarana dan prasarana, seperti obat-obatan pertanian, pestisida, dan lain sebagainya perlu mendapat dukungan sektor perbankan yang hasilnya pada akhirnya adalah meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani.

“Kita butuh dukungan kuat Bank Sumut, apa yang sudah kita lakukan di tahun sebelumnya perlu diperbesar. Sama halnya dengan bank swasta lain, Bank Sumut diharapkan hadir lebih dekat dengan masyarakat, mengadaptasi digitalisasi dalam pelayanannya, juga mempercepat dan menambah plafon usaha rakyat (KUR) untuk alsintan, pestisida, dan lainnya. Kita tunggulah gebrakan barunya,” katanya lagi.

Lebih jauh Bupati menjelaskan, sebagai salah satu sektor yang dianggap mampu bertahan di tengah krisis dan pandemi, UMKM dan pertanian seharusnya selalu mendapat prioritas kemudahan kredit.

“Jadi, harapan kita dalam waktu 2 minggu, skema kredit ini sudah turun, agar Dairi bisa jadi pilot project KUR Alsintan. Teruntuk UMKM, Bank Sumut juga seharusnya beri kemudahan kredit. Misalkan saja untuk 20 UMKM di awal jelang aquabike November mendatang di Silalahi. Semua yang kita lakukan ini bertujuan untuk mewujudkan Agri Unggul dan UMKM naik kelas,” kata Bupati mengakhiri.

Turut hadir dalam pertemuan ini, Plh Sekda Dapot Tamba, Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Robot Simanullang, Kadis Perindagkop Iwantaruna Berutu, Kabag Perekonomian, Lipinus Sembiring, Kabid Penyuluhan Distan KPP, Sukaedah Angkat, Kabid Prasarana dan Sarana Distan KPP Eben Ebron Gurning, Kabid Hortikultura Edwin Nababan, serta tim dari Bank Sumut Cabang Sidikalang. (Nid)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN