Minggu, Juni 16, 2024

Fokus Tingkatkan Literasi bagi ABH, LPKA Palu bersama Duta Bahasa Sulteng Gelar Kegiatan 3M

Palu – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu dibawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) bersama Finalis Duta Bahasa (Dubas) Provinsi Sulawesi Tengah menggelar kegiatan Membaca, Menulis dan Mendengarkan (3M), Selasa, (4/6/2024). Kegiatan ini berfokus dalam meningkatkan literasi bagi ABH LPKA Palu guna menyambut Transformasi Digital.

Dalam sambutannya, Kepala LPKA Palu mengucapkan terima kasih atas jalinan sinergitas yang terus dibangun oleh stakeholder ataupun para pemerhati anak di Kota Palu dan Provinsi Sulawesi Tengah guna mendukung tumbuh kembang bagi para ABH. Terkhusus dalam meningkatkan pemahaman dalam bidang literasi pada era digitalisasi saat ini.

“Kami segenap keluarga besar LPKA Palu memberikan apresiasi dan dukungan penuh atas terselenggaranya kegiatan hari ini, sungguh luar biasa atas perhatian yang diberikan. Semoga melalui kegiatan ini dapat mengantarkan para ABH LPKA Palu lebih aktif memperbanyak membaca, sehingga mampu memperluas wawasan dan siap menjadi pelopor sahabat bahasa saat keluar nanti,” harap Revanda dalam sambutannya.

Revanda juga turut menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bukti komitmen pihaknya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi ABH, termasuk dalam hal pembinaan yang berkualitas.

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pembinaan bagi ABH, agar mereka mendapatkan ilmu dan wawasan yang luas,” tandasnya.

Berpusat di Aula LPKA Palu, kegiatan dibawakan oleh tiga orang Finalis Dubas Sulawesi Tengah, Masrifaldi Ilfadany, Rachman Saputra Hemeto, Dian Kusuma Wardani.

Mendukung inovasi program pembinaan di LPKA Palu, Rachman mengatakan konteks gerakan literasi saat ini harus diimbangi dengan kemauan diri serta tekad kuat dalam mengimplementasikannya di kehidupan sehari-hari.

Adapun materi pembelajaran yang diberikan, yaitu tata cara membaca yang cepat dan tepat, menulis suatu karya yang baik dan benar berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, serta mendengarkan suatu kisah yang dituangkan dalam sebuat tulisan dalam bentuk baku.

“Meskipun acara berlangsung siang hari, tidak satupun ABH LPKA Palu merasa bosan dan Lelah apalagi mengantuk. Semuanya fokus menyimak akan pentingnya literasi diera saat ini,” ungkap Rachman

Terlihat 13 orang ABH sangat antusias dan penuh semangat dalam mengikuti kegiatan tersebut. Beberapa dari mereka juga mengajukan sebuah pertanyaan yang menarik.

Salah seorang ABH, SR mengaku senang dan bisa berbagi pengalaman, “Setelah bebas saya berkeinginan menjadi duta Bahasa seperti kakak kakak lainnya, sungguh pengalaman luar biasa,” ujar SR dengan bangga

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar memberikan apresiasi dan dukungan atas terselenggaranya kegiatan 3M yang dapat meningkatkan pemahaman bagi seluruh ABH.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, tentu saja segala upaya agar mewujudkan generasi hebat akan terus kita berikan secara maksimal dan terukur,” pungkas Kakanwil Hermansyah.

Dalam momen itu juga dihadirkan beberapa games menarik serta post test sebagai bahan evaluasi atas terselenggaranya kegiatan hari ini. Melalui kegiatan ini diharapkan para ABH LPKA Palu dapat memajukan daerah provinsi Sulawesi Tengah melalui pemahan literasi diberbagai bidang.(Rel)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN