Selasa, November 28, 2023

Gagal Menjadi Tuan Rumah, Bagaimana Nasib Shin Tae Yong Sebagai Pelatih Timnas Indonesia

Pelatih asal Korea Selatan ini dibawa ke Indonesia guna menyelesaikan misi Timnas sepak bola Indonesia, satu di antaranya untuk menggenjot Timnas U20 untuk tampil di Piala Dunia U20 2023.

Namun, bagaimana nasib Shin Tae Yong setelah Indonesia dicoret dari keikutsertaannya menyusul Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023 tersebut.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan kontrak Shin Tae Yong bersama timnas Indonesia bakal usai pada Desember 2023 tahun ini.

Erick Thohir menjelaskan bahwa salah satu tugas Shin Tae Yong adalah mempersiapkan timnas U20 Indonesia di pentas Piala Dunia U20 2023. Namun, Piala Dunia U20 2023 telah batal bergulir di Indonesia seusai muncul keputusan FIFA pada Rabu (29/3/2023) bulan lalu.

Erick Thohir ingin membuka komunikasi terkait nasib Shin Tae Yong terutama soal targetnya bersama timnas Indonesia. Karena, timnas Indonesia bakal bertanding di Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar mulai 16 Juni-16 Juli mendatang.

“Coach Shin itu tandatangan kontrak berapa tahun saya lupa (sampai empat tahun dari Desember 2019),” ujar Erick Thohir.

Lanjutnya, “Namun, salah satunya untuk Timnas U20 Indonesia. Nah, tentu kontrak beliau bakal habis akhir tahun atau sebelum akhir tahun,” imbuhnya.

“Dengan sekarang U20 tidak ada ya mungkin kita harus duduk ulang apa rencana berikutnya yang pasti terdekat kita ada kejuaraan AFC di Qatar nanti,” tambahnya.

Erick Thohir kemudian mengungkapkan bahwa dirinya cukup puas dengan kepemimpinan Shin Tae-yong di timnas Indonesia.

Namun, Erick Thohir mempunyai keinginan agar STY dapat membawa timnas Indonesia menuju kesuksesan yang lebih besar.

“Saya rasa Shin kinerjanya baik, tetapi saya akan meminta lebih atau nanti kita lihat,” ujar Erick Thohir.

“Sama dengan coach Indra Sjaafri yang mempersiapkan tim SEA Games, 32 tahun kita belum juara, buka berarti membebani secara tidak logis,” ungkapnya.

Sebelumnya, Shin Tae Yong sempat mengatakan bahwa dirinya ingin segera bertemu dengan Erick Thohir guna membicarakan kelanjutan kontrak.

“Memang akan lanjut terus ya sampai akhir tahun ini karena memang kontraknya seperti itu,” ucap STY pada Sabtu (1/4/2023).

“Mungkin sekarang-sekarang ini harus bertemu dengan Pak Erick untuk membicarakan masa depan saya,” pungkasnya. (As/In/Red)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN