Minggu, April 28, 2024

HUT Pramuka, Bupati Dairi: Momentum Wujudkan SDM Profesional

DAIRI – HUT Pramuka ke 62 Tahun 2023 ini menjadi momentum kita untuk mewujudkan SDM profesional dan berjiwa kewirausahaan yang berwawasan kebangsaan untuk mewujudkan semangat nasionalisme.

Hal tersebut disampaikan Ketua Majelis Pertimbangan Cabang (Mabicab) Pramuka Kwartir Dairi, sekaligus Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu saat menghadiri peringatan HUT Pramuka ke-62, Jumat malam (15/9/2023), di Lapangan Merdeka, Bunturaja, Kecamatan Siempat Nempu, Kabupaten Dairi.

Dijelaskan Bupati, berbagai upaya telah dilakukan Pemkab Dairi guna meningkatkan kualitas SDM-nya. Program Gampang Asik dan Menyenangkan (Gasing) menjadi salah satu program unggulan bidang pendidikan hingga saat ini.

Eddy Berutu juga menegaskan, anggota Gerakan Pramuka dituntut untuk meningkatkan kualitas SDM yang lebih profesional dan berjiwa enterpreneur. Selain itu dituntut pula memiliki wawasan kebangsaan untuk mewujudkan semangat nasionalisme.

“Peningkatan SDM dan wawasan kebangsaan mutlak dilakukan. Hal ini dikarenakan untuk mencermati kondisi SDM yang ada sekarang ini masih jauh dari yang diharapkan, Program Gasing menjadi unggulan kita saat ini dengan target 30 ribu. Melahirkan SDM cerdas, berwawasan kebangsaan dan berkarakter, itu tugas kita,” tegasnya.

Di samping itu, katanya lagi, wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara, terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik. Maka persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan.

“Bonus demografi di 2045 menjadi modal besar bagi bangsa kita menjadi bangsa yang besar. Tidak hanya soal kuantitas SDM-nya namun yang paling penting adalah kualitasnya. Sekali lagi, ini tugas kita bersama,” katanya mengakhiri.Pada peringatan tersebut digelar kegiatan berkemah bersama seluruh anggota Pramuka tingkat penggalang dan penegak.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh Eddy Berutu untuk mengunjungi tenda masing-masing peserta. Direncanakan kegiatan akan berlangsung selam 3 hari, 15-17 September mendatang.

Hadir dalam kegiatan ini, Kadis Pendidikan JW.Purba, Camat Siempat Nempu Marhaban Kudadiri, Ketua Kwarcab Dairi Binuar Malau, Ketua TP PKK Romy Mariani Simarmata, Ketua Pramuka Peduli Dinitria Tabitha, dan para pengurus Pramuka Kwarcab Dairi. (Nid)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN