Selasa, April 16, 2024

Direktur Lalu Lintas Polda Sumut Lakukan Sidak di Polres Binjai

Binjai – Direktur Lalu Lintas Polda Sumut, Kombes Pol Muji Ediyanto melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Satuan Penyelenggara Admistrasi SIM (Satpas) Polres Binjai, Jumat (15/9/2023) siang.

“Kegiatan kami di sini dalam rangka inspeksi mendadak untuk memastikan bahwa pelayanan di Satpas Satpas atau pelayanan SIM berjalan dengan baik,” ujar Muji.

Dia mengaku sudah melihat langsung setiap tahapan proses pembuatan maupun perpanjangan SIM. Muji menilai seluruh kegiatan di Satpas Binjai sudah berjalan dengan baik.

Papan petunjuk atau pemberitahuan tentang mekanisme pengurusan dan perpanjangan SIM terpasang dan dipajang di setiap dinding sehingga mempermudah masyarakat.

“Kita lihat tadi semua mekanisme berjalan baik sesuai dengan ketentuan. Kemudian, kita lihat ada besaran biaya ditempel di dinding. Jadi ada kepastian biaya dan ketepatan waktu,” katanya.

Menurut dia, perubahan ujian praktik dari angka 8 menjadi huruf S sangat membantu dan mempermudah masyarakat. Peralihan itu sudah berjalan, dan pemohon SIM dapat melaluinya dengan baik.

“Kita lihat sama-sama ujian praktik yang menggunakan huruf perubahan dari angka 8. Beberapa waktu yang lalu sudah kita mulai dan Alhamdulillah tadi kita lihat pemohon SIM bisa lulus. Artinya, 8 diganti S lebih mudah, tidak sulit,” tegasnya.

Disinggung soal praktik percaloan, Muji memastikan tidak ada. Dia berharap pelayanan maksimal dan bersih kepada masyarakat dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.Kendati demikian, Muji tetap mengharapkan saran dan masukan dari semua pihak agar pihaknya bisa segera berbenah.

“Tidak ada calo. Mudah-mudahan nanti bisa kita pertahankan dan tingkatkan. Tapi, terima kasih juga tentunya, kami mengharapkan saran, kritikan dan masukan dari masyarakat supaya pelayanan kami lebih baik,” ucapnya.

Menjawab wartawan, Muji menyebut Satpas Binjai memiliki peralatan dan fasiltas terbilang baik karena sebagai percontohan, semua menggunakan sistem digital untuk memudahkan masyarakat.Dia mengaku, sidak itu berkaitan dengan menjelang Hari Lalu Lintas.

Dia bertekad untuk memberikan dan meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tapi membutuhkan dukungan semua pihak.

“Sekaligus ini juga menjelang hari ulang tahun lalu lintas, tentunya kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, dan itu kami tidak bisa sendiri. Kami perlu saran, kritikan dan masukan dari semua pihak untuk perbaikan-perbaikan,” pungkasnya.

Amatan wartawan, pada sidak tersebut Muji menyambangi setiap ruangan pelayanan di Satpas Polres Binjai untuk memastikan kemudahan bagi masyarakat. Muji juga sempat berinteraksi dengan masyarakat pemohon SIM.Salah seorang wanita pemohon SIM C, Mentari Aulia (26) menyebut, pelayanan di Satpas Polres Binjai berjalan baik dan maksimal.

“Petugasnya ramah-ramah kok, humanis dan proses pembuatan SIM tepat waktu, tidak lama. Saya lihat tidak ada calo,” ujar warga Binjai Utara. (Nik)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN