Selasa, April 16, 2024

Inacraft 2023 Jakarta, Mensos Tri Rismaharini Beli Tas Perbunga Rintua Milik Dekranasda Dairi

DAIRI – Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini singgah ke stand dan membeli tas Perbunga Rintua milik Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dairi. Hal ini disampaikan Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi, Ny. Romy Mariani Eddy Berutu, Jumat (3/3/2023) di Jakarta Convention Center.

“Kita sangat bersyukur karena pengakuan ibu Tri Rismaharini tadi saat berkunjung, beliaumengatakan Ketika melihat tas Perbunga Rintua ini, beliau langsung jatuh hati, langsung membeli dan tidak mau lagi melihat tas yang lain. Menurut saya ini salah satu hal yang luar biasa dan motivasi khususnya UMKM kita. Untuk itu, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu Tri Rismaharini karena telah mendukung UMKM Dairi,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Romy Mariani juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pembeli yang telah menyempatkan diri untuk singgah di stand milik Dekranasda Kabupaten Dairi. Dikatakannya, kehadiran para sahabat, kerabat serta masyarakat merupakan sebuah energi baru dan semangat baru bagi UMKM Dairi.

Romy Mariani juga mengatakan, pada pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2023 ini, Dekranasda Dairi menghadirkan produk UMKM Kabupaten Dairi di Hall B212.

“Kali ini kita hadir seperti tahun lalu kita membawa produk-produk UMKM terutama dari diversifikasi produk tenun. Produk tenunnya sendiri sudah kita diversifikasi menjadi tenun Eco fashion dari ulos Silalahi sehingga pemakaian atau penggunaanya lebih banyak lagi tidak khusus hanya untuk adat. kami memakai pewarna alam dengan benang katun atau pun benang yang lebih halus sehingga lebih ramah lingkungan,” ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk tahun ini ada penambahan produk baru dari Dekranasda seperti kipas angin dan sandal.

“Diversifikasi produk yang kita bawa tahun ini, selain ada tas dan lain-lain seperti tahun lalu, ada juga produk baru tetapi bahannya tetap menggunakan tenun Silalahi tapi bahan-bahan lainnya seperti sol nya sepatu itu dari bahan-bahan sisa atau bekas sehingga semuanya memakai upcycle product, jadi tidak ada bahan sisa,” katanya.

Dijelaskan Romy, produk fashion yang dibawa Dekranasda ini juga sudah berkolaborasi dengan desainer-desainer yang ada di Kabupaten Dairi yang bekerjasama dengan Tenun Toba.

“Produk yang kita bawa ini juga sama sebagian dengan produk yang kita bawa pada fashion show yang digelar untuk F1H2O Balige lalu. Untuk kain-kain nya kita juga menyediakan kain dengan selendang dan tentu kita tetap membawa ulos tohonan atau ulos adat sebagai ciri khas dari ulos Silalahi dan ini kita juga ada produk rajutan ini juga dari UMKM dari Sidikalang, ada gantungan kunci ada dompet juga dari rajutan ,”ucapnya

Dikatakan Romy, Inacraft ke-23 tahun 2023 ini resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo diwakili oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Kamis (2/3/2023) di Jakarta Convention Center. Pameran Inacraft ini diikuti oleh 1118 UMKM dan akan berlangsung dari tanggal 1 sd 5 Maret 2023

Sebagai info, International Handicraft Trade Fair (Inacraft) ini merupakan pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara Pameran yang diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Pengusahan Handicraft Indonesia (ASEPHI) sebagai wadah promosi produk-produk kerajinan lokal untuk meraih peluang pasar domestik dan membuka peluang pasar internasional. (As)

 

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN