Rabu, Mei 22, 2024

Ini 5 Makanan Pengganti Nasi Bagi Penderita Asam Lambung

Ada banyak makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung, mulai dari oatmeal, kentang tumbuk, hingga ubi kukus. Selain meringankan gejala asam lambung yang muncul, beragam jenis makanan tersebut juga bisa membuat tubuh lebih berenergi, lho.

Makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung bisa dikonsumsi sehari-hari, apalagi kalau kamu sedang bosan mengonsumsi nasi. Berbagai makanan ini juga mudah dikunyah, ditelan, sekaligus dicerna sehingga penderita asam lambung bisa makan dengan nyaman.

Fakta Makan Nasi bagi Penderita Asam Lambung

Saat asam lambung naik, ada beragam gejala yang muncul, seperti mual, nyeri perut, dan muntah. Karena gejala tersebut, tidak sedikit penderita asam lambung yang kehilangan nafsu makannya, termasuk mengonsumsi nasi.

Selain itu, ada anggapan bahwa makan nasi saat asam lambung naik justru bisa menyebabkan perut tambah begah dan gejala makin memburuk.

Faktanya, nasi tidak memperburuk gejala penyakit asam lambung, kok. Nasi putih cenderung rendah serat dan mengandung karbohidrat sederhana. Artinya, nasi putih mudah dicerna dan tidak membuat asam lambung naik.

Jadi, nasi aman dan baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Malahan, nasi membuat tubuh lebih berenergi karena kandungan karbohidratnya. Meski baik untuk penderita asam lambung, hindari mengonsumsi nasi dalam porsi besar, ya.

Jika kamu terbiasa makan nasi sebanyak 1 centong, cobalah menguranginya dengan porsi lebih kecil. Mengonsumsi makanan dalam porsi kecil tetapi sering, lebih dianjurkan untuk penderita asam lambung.

Daftar Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Asam Lambung

Dari penjelasan di atas, tidak ada larangan bagi penderita asam lambung untuk makan nasi. Namun, bila kamu tidak berselera makan nasi, kamu bisa kok mengonsumsi makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung yang sama-sama mengandung karbohidrat, seperti:

  1. Oatmeal
    Makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung yang pertama adalah oatmeal. Makanan ini mengandung tinggi serat yang bisa menyerap kelebihan asam lambung, sehingga jumlahnya berkurang dan gejala yang timbul pun berangsur mereda.

    Selain untuk penderita asam lambung, makanan ini juga baik dikonsumsi oleh orang yang sedang sakit tenggorokan atau flu. Untuk menikmati oatmeal, kamu bisa menambahkan buah-buahan yang aman untuk lambung, seperti pisang dan alpukat mentega.

  1. Roti gandum
    Sama seperti oatmeal, roti gandum juga baik untuk penderita asam lambung. Mengonsumsi jenis roti ini bisa mengurangi gejala penyakit asam lambung. Agar lebih nikmat, kamu bisa mengonsumsi roti gandum dengan irisan daging ayam atau daging sapi panggang.
  1. Pisang
    Pisang yang sudah matang umumnya bersifat basa dan tidak asam, sehingga tidak akan menambah asam lambung di perut.

    Selain itu, karbohidrat dan serat pada pisang bisa membuat perut kenyang lebih lama. Bahkan, kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah ini bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar kamu cepat pulih.

  1. Kentang
    Selain sumber karbohidrat, kentang juga merupakan salah satu makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung. Kandungan serat pada kentang bisa mengenyangkan perut dan menjaga kesehatan saluran cerna. Dengan saluran cerna yang sehat, gejala penyakit asam lambung pun akan mereda.

    Selain itu, kentang termasuk makanan yang rendah gas sehingga tidak akan memperburuk gejala. Meski baik untuk penderita asam lambung, pilihlah kentang yang direbus atau dipanggang saja, ya. Soalnya, makanan yang digoreng atau berminyak justru bisa memperparah gejala asam lambung.

  1. Ubi jalar
    Sama seperti kentang, ubi jalar juga termasuk dalam makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung. Serat pada ubi jalar bisa menetralkan asam lambung, sehingga kondisi ini berangsur mereda.

Makanan pengganti nasi ini sebaiknya kamu kukus saja agar tidak menambah jumlah minyak yang bisa membuat keluhan asam lambuk makin buruk.

Beragam makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung di atas bisa kamu konsumsi bergantian. Selain mengenyangkan dan membuat tubuh bertenaga, kelima makanan tersebut juga bernutrisi dan baik untuk tubuh.

Agar gejala asam lambung naik segera mereda, selain makan makanan tersebut, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan, yaitu makan dengan porsi besar, tidur setelah makan, minum minuman berkafein dan beralkohol, serta makan makanan yang terlalu asam, berlemak, dan pedas.

Jika kamu sudah rutin mengonsumsi makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung dan melakukan tips yang dianjurkan tetapi gejala penyakit asam lambung tidak segera mereda atau justru makin parah, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN