Selasa, Februari 27, 2024
KPU SUMATERA UTARAspot_img
KPU SUMATERA UTARAspot_img

Cara Mengatasi Telinga Berdengung Terus-menerus Secara Alami, Ini 7 Caranya

Cara mengatasi telinga berdengung terus-menerus secara alami bisa menjadi pilihan perawatan yang patut untuk dicoba. Berbagai bahan alami, seperti ginkgo biloba atau ginseng, diketahui bermanfaat untuk mengurangi suara berdengung atau bergemuruh di dalam telinga.

Sampai saat ini, belum tersedia obat-obatan yang khusus untuk menyembuhkan telinga berdengung terus-menerus atau tinnitus.

Keluhan ini terkadang bisa membaik sendiri, tetapi bisa juga semakin parah seiring waktu. Nah, sebagai pilihan alternatif, Anda bisa coba berbagai cara mengatasi telinga berdengung terus-menerus secara alami.

Bila dibiarkan tanpa perawatan yang tepat, telinga yang berdengung terus-menerus bisa menyebabkan stres, susah tidur, susah fokus, sakit kepala, cemas, atau bahkan depresi. Semua hal ini tentunya dapat memperburuk keluhan yang sudah ada.

Berbagai Cara Mengatasi Telinga Berdengung Terus-menerus secara Alami

Telinga berdengung terus-menerus bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari paparan suara keras, penumpukan kotoran atau cairan di telinga, faktor penuaan, penggunaan obat-obatan tertentu, hingga cedera kepala atau leher.

Bila berbagai penanganan telah dilakukan tetapi tidak cukup efektif, Anda bisa mengambil langkah pengobatan alami. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi telinga berdengung terus-menerus secara alami:

1. Membersihkan telinga di rumah
Penanganan telinga berdengung sebenarnya perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Bila disebabkan oleh penumpukan kotoran, Anda bisa membersihkan telinga menggunakan obat tetes telinga yang dijual bebas. Obat ini bekerja dengan cara melembutkan kotoran di dalam telinga agar lebih mudah dikeluarkan.

Selain dengan obat, Anda juga bisa menggunakan baby oil, mineral oil, atau larutan hidrogen peroksida sebagai cara mengatasi telinga berdengung terus-menerus secara alami. Jika telinga masih tetap berdengung atau menjadi makin parah, konsultasikan ke dokter. Biasanya dokter akan melakukan irigasi telinga untuk menghilangkan penumpukan kotoran.

2. Mendengarkan white noise
Untuk mengatasi telinga berdengung terus-menerus secara alami, cobalah dengarkan white noise.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa fokus mendengarkan white noise bisa mengurangi suara dengung di dalam telinga. Ini adalah salah satu bentuk terapi suara yang mengacu pada kombinasi berbagai suara untuk mengalihkan suara dengungan dengan suara lain yang lebih tenang dan stabil.

Untuk mendengarkan white noise, Anda bisa memanfaatkan suara dengungan kipas angin atau televisi. Selain itu, Anda juga bisa membeli mesin khusus white noise atau menggunakan aplikasi khusus yang bisa memutar suara alam, misalnya suara ombak atau rintik hujan.

3. Mengonsumsi ginkgo biloba
Salah satu cara mengatasi telinga berdengung terus-menerus secara alami adalah dengan konsumsi ginkgo biloba. Obat herbal ini sering direkomendasikan oleh dokter THT sebagai penanganan lini pertama untuk tinnitus yang cukup parah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginkgo biloba dapat meningkatkan aliran darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kinerja sel saraf. Menurut hasil penelitian tersebut, efek ini diketahui dapat mengurangi gejala telinga berdengung terus-menerus.

Namun, bila Anda sedang mengonsumsi obat anticemas, antikejang, antidepresan, obat pengencer darah, atau obat diabetes, sebaiknya konsultasikan ke dokter dulu sebelum minum suplemen ginkgo biloba.

4. Mengonsumsi ginseng merah
Selain ginkgo biloba, ginseng merah bisa menjadi pilihan cara mengatasi telinga berdengung terus-menerus secara alami. Sebuah penelitian mengatakan bahwa konsumsi ginseng merah selama 4 minggu berhasil mengurangi gejala telinga berdengung.

Namun, manfaat ginseng merah untuk mengatasi telinga berdengung yang terus-menerus masih memerlukan evaluasi yang lebih luas dan mendalam.

5. Menjalani terapi akupunktur
Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa terapi akupunktur bisa dijadikan pilihan pengobatan alami untuk mengatasi telinga yang berdengung terus-menerus. Menurut penelitian terbaru, akupunktur dapat membuat suara dengungan menjadi lebih pelan dan tidak terlalu parah.

Selama sesi akupunktur, terapis akan menusukkan jarum yang sangat tipis di titik-titik tertentu di telinga. Pengobatan alternatif ini dipercaya dapat membersihkan penyumbatan dan melancarkan aliran energi (qi) di dalam tubuh.

6. Melakukan meditasi mindfulness
Anda juga bisa mencoba meditasi mindfulness sebagai cara mengatasi telinga berdengung terus-menerus secara alami.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa meditasi mindfulness bisa melatih penderita tinnitus untuk mengalihkan fokus dari perasaan tidak nyaman. Ini berarti penderita tinnitus akan belajar untuk tidak fokus terhadap suara gemuruh yang muncul di dalam telinga dan mengalihkannya ke hal-hal lain.

Selain itu, meditasi ini juga dapat mengurangi kecemasan dan stres yang berkaitan dengan telinga berdengung terus-menerus.

7. Latihan yoga
Bila telinga masih berdengung terus-menerus, Anda bisa coba rutin melakukan yoga. Berlatih yoga secara konsisten minimal seminggu sekali dapat menurunkan tingkat stres, meningkatkan kualitas tidur, menenangkan pikiran, hingga pada akhirnya mampu mengurangi keluhan telinga berdengung yang terus-menerus.

Untuk mengurangi telinga berdengung dan mencegahnya datang kembali, diperlukan juga langkah perawatan sehari-hari yang tepat, seperti:

Batasi paparan terhadap suara yang keras. Bila tidak bisa dihindari, gunakanlah pelindung telinga.

Jangan mendengarkan musik dengan volume yang tinggi melalui headphone.

Batasi asupan alkohol, kafein, dan tembakau, karena bisa memengaruhi aliran darah dan memperburuk keluhan telinga berdengung.

Tidur yang cukup minimal 7–9 jam setiap malam.
Olahraga secara rutin minimal 3 kali seminggu.

Telinga berdengung terus-menerus bisa menandakan penyakit tertentu, seperti penyakit Meniere, aterosklerosis, disfungsi tuba Eustachius, kejang otot di telinga bagian dalam, tekanan darah tinggi, diabetes, atau migrain.

Oleh karena itu, jika berbagai cara mengatasi telinga berdengung terus-menerus secara alami telah dilakukan tetapi tetap tidak menunjukkan perbaikan gejala, terlebih disertai dengan gangguan pendengaran mendadak atau keluarnya cairan berbau busuk dari telinga, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Nantinya,dokter akan membantu menentukan penyebab telinga berdengung terus-menerus dan mengambil langkah pengobatan yang disesuaikan dengan penyebabnya.

Ditinjau oleh : dr. Kevin Adrian

 

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN