Selasa, Juli 23, 2024

Ini Makanan yang Mempercepat Penyembuhan Batuk

Salah satu makanan yang mempercepat penyembuhan batuk adalah sup ayam. Namun, ada pula makanan lain yang dapat dikonsumsi untuk meredakan keluhan batuk sehingga sering dijadikan sebagai obat batuk alami.

Batuk adalah respon alami tubuh untuk mengeluarkan kuman atau debu yang dapat mengiritasi tenggorokan atau saluran napas. Batuk biasanya sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1–2 minggu dengan perawatan sederhana di rumah.

Salah satu perawatan untuk mengatasi batuk adalah mengonsumsi makanan yang mempercepat penyembuhan batuk atau semua jenis makanan bergizi, seperti sayur dan buah.

Berbagai Makanan yang Mempercepat Penyembuhan Batuk.

Ada berbagai jenis makanan yang mempercepat penyembuhan batuk dan meredakan keluhan yang muncul, yaitu:

1. Sup ayam
Konsumsi sup ayam hangat dapat mengurangi peradangan, sehingga bisa meredakan batuk. Di dalam sup ayam biasanya terdapat sayuran dan rempah yang mengandung aneka jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk membantu proses pemulihan dari sakit.

Ayam di dalam sup mengandung asam amino sistein yang dapat mengencerkan lendir serta memiliki efek antivirus, antiradang, dan antioksidan sehingga baik untuk dikonsumsi saat batuk atau pilek.

2. Jahe
Makanan atau minuman yang mengandung jahe baik dikonsumsi ketika Anda sedang batuk. Studi menunjukkan bahwa jahe bersifat anti radang dan mengandung antioksidan yang kuat sehingga dapat meredakan batuk sekaligus nyeri tenggorokan.

3. Madu
Madu bisa meredakan batuk karena memiliki efek antimikroba dan anti radang. Kemampuan antimikrobanya dapat mendukung tubuh untuk melawan infeksi kuman, sedangkan efek antiradang madu dapat meredakan peradangan dan melegakan tenggorokan.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa efektivitas madu dalam meredakan batuk cenderung lebih baik daripada obat batuk yang mengandung diphenhydramine. Namun, penelitian lain justru menunjukkan hasil berlawanan sehingga perlu diteliti lebih lanjut.

4. Lemon
Lemon juga sering dikonsumsi untuk mempercepat penyembuhan batuk. Perasan buah ini sering diracik bersama madu dan air hangat sebagai obat sakit tenggorokan alami.

Untuk membuatnya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampur 2 sendok teh madu dengan 250 ml air putih hangat yang telah diberi perasan lemon. Selain itu, jahe juga diyakini memiliki sifat antimikroba, yang artinya dapat melawan infeksi bakteri yang dapat memicu batuk dan sakit tenggorokan.

5. Nanas
Nanas merupakan salah satu buah untuk batuk yang bisa dikonsumsi. Ini karena dalam nanas terdapat kandungan bromelain yang mampu mengurangi peradangan dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Dalam nanas juga terkandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh dan melawan infeksi, sehingga cocok dijadikan sebagai salah satu makanan yang mempercepat penyembuhan batuk.

Namun, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, karena bisa menyebabkan nyeri ulu hati dan diare. Selain itu, orang yang mengonsumsi obat pengencer darah sebaiknya menghindari konsumsi nanas tanpa konsultasi ke dokter.

6. Brokoli
Jika batuk yang Anda derita disertai dengan pilek, konsumsi sayur brokoli dapat mempercepat penyembuhan batuk dan pilek. Sayuran ini mengandung vitamin C dan vitamin E yang dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga lebih cepat pulih dari batuk dan pilek.

Untuk mendapatkan manfaat brokoli untuk batuk, Anda bisa mengolahnya dengan cara ditumis, dipanggang, dikukus, dan dicampur ke dalam salad sayur yang akan dikonsumsi.

7. Yoghurt
Yoghurt juga termasuk makanan yang mempercepat penyembuhan batuk. Ini karena kandungan probiotik di dalamnya bisa meningkatkan imunitas tubuh. Artinya, konsumsi yoghurt bisa membantu tubuh melawan infeksi penyebab batuk.

Berbagai jenis makanan yang mempercepat penyembuhan batuk di atas umumnya efektif bila disertai perawatan lain, seperti tidur yang cukup dan banyak minum air putih.

Jika konsumsi makanan tersebut tidak juga mampu mengatasi batuk, Anda dapat mengonsumsi obat batuk yang dijual di apotik. Namun, pastikan konsumsinya sesuai petunjuk yang tertera pada produk kemasan.

Bila keluhan batuk tidak kunjung hilang setelah beberapa minggu meski sudah mengkonsumsi makanan yang mempercepat penyembuhan batuk atau batuk disertai sesak napas dan penurunan berat badan drastis tanpa sebab yang jelas, segera konsultasikan ke dokter.

Ditinjau oleh : dr. Airindya Bella

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN