Minggu, Juni 16, 2024

Ini Obat Sakit Tenggorokan Yang Sering Dijumpai

Obat sakit tenggorokan memiliki kandungan yang beragam, mulai dari antiseptik, pereda nyeri, anti radang, hingga bahan herbal yang membuat tenggorokan lebih nyaman. Bentuk sediaan produknya juga bervariasi, bisa berupa tablet, sirup, tablet hisap, hingga obat semprot.

Berikut ini adalah beberapa produk obat sakit tenggorokan yang ampuh dan bisa dibeli di apotek tanpa resep dokter:

Degirol

Degirol adalah tablet hisap dengan kandungan dequalinium chloride. Bahan aktif ini bekerja dengan cara membunuh bakteri dan jamur penyebab infeksi ringan di mulut dan tenggorokan. Dengan cara kerja tersebut, Degirol bisa mengatasi sakit tenggorokan dan radang di rongga mulut, seperti radang amandel dan sariawan.

Untuk meredakan sakit tenggorokan, Anda bisa mengkonsumsi 1 tablet hisap Degirol tiap 3–4 jam. Letakkan Degirol di lidah lalu isap sampai habis seperti menghisap permen.

Efisol C Lozenges

Efisol C Lozenges bermanfaat untuk mengatasi infeksi ringan di mulut dan tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. Produk ini bisa menjadi pilihan obat sakit tenggorokan yang juga dapat dibeli tanpa resep dokter.

Efisol C Lozenges merupakan tablet hisap yang mengandung dequalinium chloride dan vitamin C. Dequalinium chloride bekerja sebagai antiseptik pembunuh kuman penyebab infeksi tenggorokan, sementara vitamin C-nya bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat pemulihan saat sakit.

Efisol C Lozenges dikonsumsi seperti permen, yaitu dengan cara dihisap. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, Anda bisa mengkonsumsi 1 tablet obat ini tiap 3 jam.

SP Troches Meiji

SP Troches Meiji bermanfaat untuk mengobati radang akibat infeksi bakteri dan jamur di tenggorokan, amandel, atau mulut dan gusi. SP Troches mengandung dequalinium chloride yang dapat membunuh bakteri dan jamur penyebab infeksi ringan di dalam mulut dan tenggorokan.

SP Troches Meiji tersedia dalam bentuk tablet hisap yang bisa dikonsumsi hingga 6 kali sehari. Letakkan tablet obat sakit tenggorokan ini di lidah, lalu isap sampai habis seperti menghisap permen.

Kuldon Sariawan Tablet

Kuldon Sariawan Tablet bermanfaat untuk meredakan panas dalam, sariawan, dan sakit tenggorokan. Obat sakit tenggorokan ini bisa diminum langsung atau dikunyah terlebih dahulu. Dosis untuk orang dewasa adalah 2 tablet sebanyak 3 kali sehari, sedangkan dosis untuk anak-anak adalah 1 tablet sebanyak 3 kali sehari.

Kuldon Sariawan Tablet memiliki kandungan utama daun saga, herba timi, dan licorice, serta obat herbal tambahan, seperti daun sogomanis, rumput laut, akar manis, daun pegagan, temulawak, bunga seruni, alang-alang. Perpaduan bahan alami tersebut dipercaya dapat meredakan panas dalam, sariawan, dan sakit tenggorokan.

Adem Sari

Adem Sari bermanfaat untuk meredakan gejala panas dalam, seperti sariawan, sakit tenggorokan, dan bibir pecah-pecah. Minuman herbal ini mengandung ekstrak jeruk nipis, pulosari, dan kayu manis. Ada juga kandungan vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh.

Adem Sari dikemas dalam bentuk saset berisi serbuk untuk dilarutkan dengan air putih. Minuman ini bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Bagi penderita sakit maag, minumlah larutan Adem Sari setelah makan untuk mencegah nyeri lambung.

Larutan Penyegar Cap Badak bermanfaat untuk meredakan gejala panas dalam. Larutan Penyegar Cap Badak mengandung gypsum fibrosum yang dipercaya dapat mengurangi gejala panas dalam, seperti rasa tidak nyaman di tenggorokan, sakit ketika menelan, bibir pecah-pecah, sariawan, atau bau mulut.

Vitahealth Coldycin Herbal Throat Lozenges

Vitahealth Coldycin Herbal Throat Lozenges adalah obat herbal berbentuk tablet hisap yang berkhasiat untuk meredakan batuk dan radang tenggorokan. Obat ini mengandung Echinacea purpurea, minyak ekaliptus, bubuk peppermint, propolis, bubuk slippery elm bark, dan mentol.

Perpaduan bahan alami dalam produk obat sakit tenggorokan ini dipercaya dapat meredakan batuk, pilek, dan sakit tenggorokan, serta melegakan pernapasan. Tablet hisap Vitahealth Coldycin Herbal Throat Lozenges bisa dikonsumsi setiap 1–2 jam, maksimal 10 tablet per hari.

Perlu diketahui bahwa produk ini tidak boleh digunakan oleh penderita multiple sclerosis, tuberkulosis (TBC), AIDS, atau penyakit autoimun. Produk ini juga tidak boleh digunakan bersama obat imunosupresan.

Sanjin Watermelon Frost

Sanjin Watermelon Frost dapat meredakan rasa tidak nyaman akibat sariawan atau sakit tenggorokan. Obat sakit tenggorokan ini terbuat dari sejumlah bahan herbal, seperti Citrullus vulgaris, Mirabilitum citrulli preparatum, dan Fritillariae cirrhosae bulbus, yang dipercaya bisa meredakan keluhan akibat radang tenggorokan.

Sanjin Watermelon Frost tersedia dalam dua varian, yaitu Sanjin Watermelon Frost Lozenges dalam bentuk tablet hisap, dan Sanjin Watermelon Frost Insufflation dalam bentuk bubuk untuk disemprot atau ditaburkan ke dalam mulut.

Cooling 5 Antiseptic Mouth Spray

Cooling 5 merupakan obat semprot mulut yang berfungsi untuk meredakan sakit tenggorokan, nyeri akibat sariawan, serta mengurangi bau mulut. Cooling 5 tersedia dalam 3 varian rasa, yaitu rasa cappucino, cherry, dan cool mint.

Cooling 5 memiliki bahan aktif phenol yang bekerja sebagai antiseptik untuk membunuh kuman penyebab infeksi, sekaligus memberikan sensasi dingin dan kebas. Dengan begitu, rasa sakit akibat peradangan di mulut atau tenggorokan dapat berkurang.

Cara menggunakannya, semprotkan Cooling 5 ke arah tenggorokan atau rongga mulut yang sakit. Ulangi pemakaian obat sakit tenggorokan ini setiap 2 jam jika perlu.

Cooling 5 Plus Antiseptic Mouth Spray

Cooling 5 Plus mengandung phenol dan benzocaine. Kandungan benzocaine berperan sebagai antinyeri untuk memberikan rasa baal yang lebih kuat pada area yang disemprotkan. Obat semprot mulut ini dapat digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan yang sudah cukup mengganggu.

Untuk meredakan sakit tenggorokan, Cooling 5 Plus dapat disemprotkan ke pangkal tenggorokan. Bila perlu, obat ini bisa disemprot lagi setiap 3–4 jam.

Berbagai obat sakit tenggorokan di atas dapat Anda gunakan untuk meredakan rasa tidak nyaman atau nyeri di tenggorokan. Selain itu, Anda juga bisa minum air putih lebih banyak, berkumur dengan air garam, mengonsumsi makanan yang lembut, dan menghindari asap rokok selama sakit tenggorokan.

Jika sakit tenggorokan belum juga membaik setelah 3 hari, sebaiknya periksakanlah ke dokter agar penyebabnya bisa diketahui dan diberikan pengobatan yang sesuai.

Ditinjau oleh : dr. Meva Nareza

 

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN