Kamis, Februari 22, 2024
KPU SUMATERA UTARAspot_img
KPU SUMATERA UTARAspot_img

Jelang Pelantikan, GMDM Napza STM Hulu Sosialisasi Bahaya Narkoba

Deliserdang – Jelang pelantikan pengurus Garda Mencegah dan Mengobati penyalahgunaan narkoba (GMDM Napza) Kecamatan STM Hulu, 20 Mei 2023 mendatang.

Pengurus GMDM Napza adakan sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba bertempat di losd Desa Gunung Manupak A, Kamis (4/5/2023).

Sosialisasi ini diikuti sekira 100 orang warga masyarakat Desa Gunung Manupak A dan Desa Durian IV Mbelang dengan menghadirkan Narasumber dari Muspika Kecamatan STM Hulu, serta dari Puskesmas Kecamatan STM Hulu.

Turut hadir dalam kegiatan ini Danramil 21/TJ, AKP Jusak Sembiring, Camat STM Hulu Budiman Sembiring S Sos, Kapolsek Tiga Juhar AKP Kennedy Sitompul SH, MH, Kasi PMD Kecamatan STM Hulu Miswanto, dr Agung dari Puskesmas STM Hulu, Kepala Desa Gunung Manupak A Mena Ginting, Kapela Desa Durian IV Mbelang Ian Barus, Kepala Desa Rumah Lengo Sejahtera Barus yang juga ketua BKAD Kecamatan STM Hulu, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Prof Efendi Barus penasehat GMDM Sumatera Utara dalam sosialisasi ini menyampaikan bahwa kehadiran GMDM di Kecamatan STM Hulu diharapkan dapat mengurangi bahaya narkoba” tugas kita adalah melakukan pencegahan dan pengobatan yang bekerjasama dengan unsur pemerintahan dan aparat hukum” ujar Efendi.

Diharapkannya bagi pengurus GMDM yang terpilih agar dapat menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

Adapun pengurus GMDM Kecamatan STM Hulu yang terpilih yakni Ketua Pujian Tarigan, Sekretaris Fernando Tarigan dan Bendahara Martono Kaban juga pengurus seksi seksi sebanyak 20 orang.

Camat STM Hulu Budiman Sembiring S Sos, dalam sambutannya merespon baik pembentukan GMDM, disampaikan Camat bahaya narkoba saat ini sudah cukup memprihatinkan bahkan kata Camat pernah ada tawaran juga ada desa yang bebas narkoba maka mendapatkan hadiah satu unit mobil ” pernah ada tawaran hadiah mobil, tapi tidak ada desa yang bebas dari narkoba di wilayah ini” ujar Camat.

Kapolsek Tiga Juhar AKP Kennedy Sitompul SH, MH, pada kesempatan itu mengajak GMDM di Kecamatan STM Hulu bersama sama memerangi narkoba, “proteksi dini sangat dibutuhkan”ujar Kapolsek.

Hal senada disampaikan Danramil 21/TJ, AKP Jusak Sembiring mengatakan bahwa narkoba merupakan musuh negara yang harus diperangi bersama.

Kesaksian salah seorang pengurus GMDM Kecamatan STM Hulu, J Tarigan dihadapan masyarakat bahwa penggunaan narkoba sangat merugikan bagi diri sendiri dan keluarga, dikatakan J Tarigan, dulu dirinya pernah terjebak dalam penggunaan narkoba, “saya pernah terjerumus dalam penggunaan narkoba, yang pada akhirnya hanya membawa penderitaan bagi saya dan keluarga” kata J Tarigan.

dr Agung dari sisi kesehatan menyampaikan salah satu efek penyalahgunaan narkoba adalah pasien mengalami halusinasi, jadi pasien akan sering melamun, serta dapat menyakiti diri sendiri. (HERI)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN