Senin, Juli 22, 2024

Kabupaten Dairi Jadi Pusat Pengukuhan Satgas Satuan Pendidikan Aman Bencana Wilayah IV Sumut

DAIRI – Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu mengadakan upacara pengukuhan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV yang Dipimpin oleh kepala dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Asren Nasution yang dipusatkan di SMAN 2 Sidikalang, Jumat (3/03/2023).

Ditemui usai upacara pengukuhan, Bupati Eddy Berutu menyampaikan rasa bangganya KabupatenDairi dipilih menjadi pusat lokasi pengukuhan SPAB di Wilayah IV termasuk Pakpak Bharat dan Karo.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Asren Nasution, pemilihan lokasi ini tentu memiliki alasan tersendiri bagi Gubernur dan Wakil Gubernur, di samping alasan ikatan emosional dari kadispen Provsu yang disebut pernah mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN ) selama kuliah dulu, ditambah pernah menjadi Penjabat (Pj) di Kabupaten Pakpak Bharat.

Hal lain, kata Bupati, secara umum Indonesia merupakan negara yang sangat rawan dengan bencana alam, seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus dan lain sebagainya yang memerlukan antisipasi sejak dini.

Dijelaskan Bupati, bencana alam sangat berdampak besar bagi populasi manusia, sehingga tidak jarang akibat bencana alam selalu menelan banyak korban jiwa, banyak orang kehilangan tempat tinggal maupun trauma yang sangat mendalam akibat dari bencana alam tersebut.

“Potensi ancaman bencana alam dapat terjadi di mana saja dan kapan saja. Sehingga perlu disiapkan SDM untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan pada saat sebelum dan sesudah bencana terjadi terutama di sekolah. Kebijakan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan program SPAB ini adalah upaya pencegahan dampak bencana di satuan pemerintah pendidikan,” katanya.

Lebih jauh Bupati berharap inisiasi dan komitmen Pemerintah melalui Dinas Pendidikan Sumatera Utara dan seluruh pihak yang mendukung kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi berbagai pihak agar semakin banyak pihak yang terlibat aktif dalam upaya melindungi generasi penerus bangsa dan ancaman bencana.

Sebelumnya Asren Nasution dalam sambutannya menyampaikan bahwa SPAB menjadi sesuatu yang strategis sebagai pusat pembelajaran yang aman dan nyaman dan bebas bencana secara khusus dari sektor pendidikan.

Tentu kata Asren bencana tak bisa ditolak namun Tuhan memberikan kita akal agar kita selamat dari bencana.

Dengan SPAB memang belum tentu kita aman dari bencana namun dengan pengukuhan ini kita mampu mengurangi resiko yang timbul dari bencana itu sendiri,” ujar mantan Penjabat Bupati Pakpak Bharat ini.

Hadir juga dalam kegiatan ini Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Yeddi Efendi Sipayung, unsur Forkopimda, Kadis Pendidikan Dairi, Fatimah Boang Manalu, para guru dan kepala sekolah SMA, SMK, dan SLB, Ketua Karang Taruna, David Silitonga, serta para siswa. (As)

 

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN