Rabu, Mei 22, 2024

Kapal Angkut Pemudik dari Malaysia Tenggelam di Selat Malaka

Satu unit kapal penumpang yang mengangkut pemudik dari Malaysia ke Aceh tenggelam di perairan Selat Malaka, Belawan, pada Kamis (13/4/2023).

Tenggelamnya kapal KM Maharani Sempurna mengakibatkan seorang balita bernama Ratu Zahra (3) warga Aceh Utara, meninggal dunia.

Humas Basarnas Medan Sariman Sitorus mengatakan bahwa KM Maharani Sempurna berangkat dari Malaysia menuju Aceh pada Selasa 11 April 2023.

“Penumpang berjumlah 12 orang termasuk nahkoda kapal. Mereka hendak pulang kampung ke Aceh untuk merayakan Idul Fitri,” kata Sariman dilansir SuaraSumut.id, Jumat (14/4/2023).

Setibanya di perairan Selat Malaka, Belawan, kapal mengalami mati mesin dan kebocoran, sehingga menyebabkan kapal langsung tenggelam.

“10 orang penumpang berhasil diselamatkan oleh kapal nelayan yang melintas,” ujarnya.

Peristiwa ini dilaporkan ke Kantor Basarnas Medan. Tim gabungan yang mendapat laporan turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

“Tim mengevakuasi seluruh korban selamat dan meninggal dunia dari kapal nelayan ke Kapal SAR RB 203,” ungkapnya.

Selanjutnya korban selamat dan meninggal dibawa menuju Dermaga Pelabuhan Belawan dan diserahkan kepada pihak Polairud Polda Sumut untuk diproses lebih lanjut. (As/Ssu/Red)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN