Kamis, Februari 22, 2024
KPU SUMATERA UTARAspot_img
KPU SUMATERA UTARAspot_img

Karang Taruna Desa Kidupen Gelar Gendang Guro-Guro Aron di Medan

Medan – Karang taruna Desa Kidupen, Kecamatan Juhar, Kabupaten Karo gelar gendang guro-guro aron (GGA) dengan mengusung tema “Gendang Guro-Guro Aron Arih Ersada Nakasima Medan”.

Pesta Budaya Karo itu dilaksanakan di Jambur Bukit Permai Medan dengan bintang tamu Pedro Ginting dan Dora Br Surbakti, Anta Prima Ginting, Rimta Mariani Br Ginting serta Thory Tarigan, Sabtu (10/06/2023) malam.

 

Karang Taruna
Menari (Landek Aron) yang Ditampilkan dari Kesain Tumangger, Ulun Jandi, Juma Duru, Jadibata dan Jambor Mbelin/Rumah Padang

Pembina Karang Taruna Desa Kidupen, Junedi Ginting, S.Si, M.Si mengatakan, “Terjalinnya sikap yang saling menghargai, santun akan membuahkan softskill berkualitas yang sangat menunjang dalam aspek kinerja multi sektoral di gendang guro-guro aron ini, “katanya, Senin (12/06/2023).

Karang Taruna Desa Kidupen
Saat Memberikan Kata Sambutan.
Dari kiri : Penasehat Makmur Ginting, Datang Ginting, Kepala Desa, Dirman Pinem dan Mewakili Prangkat Desa, Robbi Ginting

Ketua Panitia, Nico Armanda Ginting menjelaskan kegiatan GGA berawal dari perkumpulan anak-anak perantauan Desa Kidupen yang berdomisili di Kota Medan.

“Anak-anak muda yang ada di Medan sering kumpul di warung kopi, dalam canda dan tawa terlintas gagasan untuk mempertemukan dan bersilaturahmi di dalam GGA ini, “katanya.

Nico Ginting juga mengapresiasi seluruh kepanitian yang dapat menyukseskan GGA tersebut dengan persiapan 2 bulan.

Karang Taruna Desa Kidupen
Perkolong-Kolong Pedro Ginting dengan Dora Br Surbakti

“Dengan hanya 2 bulan persiapan, GGA ini berjalan dengan menghadirkan sebanyak 900 penonton. Hal ini berjalan karena kekompakan dan kerja keras seluruh panitia dan dukungan dari berbagai pihak, “pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengurus Harian (BPH), Zefanta Sembiring menambahkan, “Acara gendang guro-guro aron ini bisa dikatakan berjalan lancar dan sukses, saya sangat berterimakasih kepada semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, “kata Ketua BPH Karang Taruna Kidupen Medan sekitar.

Karang Taruna
Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Karang Taruna Desa Kidupen yang Berada di Medan, Zefanta Sembiring

Ia juga mengajak pemuda-pemudi Karo untuk saling mengembangkan diri dan melatih talenta terhadap salah satu budaya Karo ini.

“Acara ini salah satu budaya karo yang tidak dapat ditinggalkan. Wujud adanya Karang Taruna ini pada dasarnya dapat mengembangkan diri dan melatih talenta anggota dalam suatu acara.

Karang Taruna Desa Kidupen
Menari Bersama Orang Tua Salah Satu Tanda Kehormatan dan Penghargaan

Saling bahu membahu yang sering disebut dalam pepatah orang karo ” Sikuning kuningen radu megersing, siageng agengen radu Mbiring, “harap Zefanta yang akrab disapa Sukat.

“Semoga Karang Taruna terlebih-lebih pengurus semakin kompak dan juga dapat membuat program kerja yang lebih banyak dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Kidupen, “Tambah Samudra Tarigan.

Karang Taruna Desa
Kemeriahan Suasana Penonton

Lanjutnya. “Dan semoga semua anggota Karang Taruna dapat menambah relasi sehingga yang membutuhkan pekerjaan dapat dibantu info lowongan pekerjaan, begitu juga yang sedang sekolah dapat saling memberi semangat untuk menyelesaikan pendidikannya, “pungkas Pembina Karang Taruna Desa Kidupen untuk Medan sekitarnya.
(Kodok Hijo/As)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN