Senin, April 29, 2024

Kasetukpa Lemdiklat Polri : Mari Kita Ciptakan Kota Sukabumi Ramah Perempuan dan Anak, Ramah ODGJ

Sukabumi – Bertempat di Auditorium Anton Sudjarwo Setukpa Lemdiklat Polri, sebanyak 93 personel Bhabinkamtibmas jajaran Polres Sukabumi Kota dan 72 siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan ke-52 tahun 2023, mendapat pelatihan peningkatan kemampuan penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan terlantar dari Siswa Purnomo, pada Kamis (27/07/2023) pagi.

Purnomo yang juga merupakan salah satu siswa SIP angkatan 52 tahun 2023 Resimen Rahesa Aditya Diandra (RAD), yang lulus dengan predikat penghargaan Kapolri, karena selama berdinas sebagai Bhabinkamtibmas di Polres Lamongan telah mengabdikan dirinya untuk merawat kurang lebih 176 ODGJ, yang dirawat ditempat tinggalnya. Purnomo juga termasuk dalam nominasi penerima penghargaan Hoegeng Awards tahun 2023.

Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K., M.Hum pada kesempatan membuka acara pelatihan ini menyampaikan, program pelatihan ini merupakan salah satu aktualisasi Presisi yang harus difahami betul oleh personel Polri terutama Bhabinkamtibmas, dalam penjabaran perlindungan, pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat.

Masyarakat taunya polisi itu bisa segalanya, termasuk mengangani ODGJ, dan kemampuan ini tidak ada Dikjurnya di Polri, ujar Kasetukpa.

Pelatihan ini juga diharapkan, para Bhabinkamtibmas kedepan dapat membantu menurunkan tingkatan stres yang dialami personel Polri, rata-rata polisi mengalami stres, karena didalam kehidupan sehari-hari Polri selalu dihadapkan dengan rasa curiga, was-was, waspada, memprediksi hal-hal atau kemungkinan negatif, tambahnya.

Penomena ODGJ dewasa ini semakin banyak, oleh karenanya para Bhabinkamtibmas harus tampil terdepan, kesempatan ada siswa Purnomo ini kita manfaatkan untuk dapat mengambil ilmunya, kita aplikasikan bersama dilapangan, kata Brigjen Pol Mardiaz.

Dalam kesempatan acara tersebut, Kasetukpa juga mengajak para Bhabinkamtibmas untuk mempopulerkan Sukabumi sebagai Kota Polisi, dengan harapan terwujudnya etalase Polri modern ada di Polres Sukabumi Kota, dan sebagai salah satu upaya mewujudkannya Setukpa akan membangun museum Polri.

Menutup sambutanya, Kasetukpa mengajak selain sebagai Kota Polisi, mari kita wujudkan Sukabumi ramah perempuan dan anak, ramah ODGJ, pungkasnya.

Pada season penyampaian materi, Purnomo menyampaikan, penyakit ODGJ tidak akan selesai bila kita tidak mampu dan tidak mau menolongnya. ODGJ yang terlantar adalah tanggung jawab negara, kita para Bhabinkamtibmas sebagai anggota Polri adalah bagian dari negara, harus hadir ditengah kesulitan masyarakat diantaranya dalam penanganan ODGJ.

Purnomo memberikan motivasi dengan penayangan video serta menceritakan pengalamannya saat pertama kali merawat ODGJ, dengan berbagai rintangan, kesulitan, cemoohan, dan akhirnya menuai kerberhasilan. “Kalau kita bisa menolong ODGJ sampai sembuh yakin pasti akan ketagihan, dan semua itu saya lakukan dengan ikhlas lillahi ta’ala bukan untuk mengejar penghargaan” ungkap Purnomo

Kita menolong orang dimana orang itu tidak bisa membalas, yakinlah Allah akan memberikan keajaiban. Orang gila tidak bisa mengucapkan terimakasih, tapi Allah maha tau apa yang tepat diberikan kepada kita, ujarnya

Purnomo mengajak para Bhabinkamtibmas untuk mau menolong ODGJ, dengan beberapa kiat cara menolong ODGJ diantaranya, pertama kita harus berani jangan ragu, orang gila takut ketika melihat kita berseragam polisi, itulah hebatnya kita polisi, kedua kita harus yakin bisa membantu dan lakukan dengan sabar, berikutnya peluk dengan erat sampai mereka merasa nyaman dan selanjutnya ajak mereka bahagia.

Menutup materinya Purnomo menyampaikan ODGJ memiliki hak untuk diperlakukan sama sebagaimana layaknya orang yang hidup normal.

Diakhir acara Kasetukpa Brigjen Pol Mardiaz mengungkapkan, menangkap penjahat adalah kebanggaan, mencegah kejahatan itu terjadi adalah kemuliaan, Bhabinkamtibmas adalah profesi yang mulia.

Acara pelatihan peningkatan kemampuan Bhabinkamtibmas dalam menangani ODGJ ini juga dihadiri oleh Kabag Bimsis Setukpa Lemdiklat Polri Kombes Pol Drs. Ignatius Agung Prasetyoko, Waka Polres Sukabumi Kota Kompol Deny Rahmanto, S.S., S.I.K., serta Kasat Binmas Polres Sukabumi Kota AKP Enita Dwi, S.H. (As)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN