Rabu, Mei 22, 2024

Muhammad Ali Umri Resmi Bergabung Ke PKB

Medan – Konsolidasi Pemenangan Pemilu DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumut tahun 2024 yang digelar di Hotel Polonia Medan Senin (3/4/2023) yang diikuti ratusan pengurus dari Kabupaten dan Kota se Sumatera Utara, turut dihadiri H.M. Ali Umri,SH.MKn tokoh masyarakat yang dikenal senior dikalangan tokoh partai politik dan politisi handal di Sumatera Utara, yang bergabung di PKB.

Kehadiran Ali Umri yang sudah piawai memimpin partai politik dengan beberapa jabatan yang pernah dipegangnya, seperti pernah menjadi Ketua Partai Golkar Sumut, dan pernah juga sebagai Ketua Partai Nasdem Sumatera Utara. Pada saat acara konsolidasi partai PKB ini, semua terkesima dan seperti mendapat suntikan semangat bagi kader partai PKB ujar H.M.Jafar Sukhairi Nasution Ketua DPW PKB Sumatera Utara pada saat menyampaikan pidatonya.

Pria bernama lengkap, Muhammad Ali Umri merupakan kelahiran Rantau Prapat, Labuhan Batu pada 9 April 1966 silam. Meskipun lahir di Rantau Prapat, ia tumbuh besar di Kota Binjai.

Ali Umri merupakan lulusan ilmu hukum dari salah satu kampus swasta di Medan tahun 1991. Kemudian meraih magister kenotariatan pada tahun 2004 di Universitas Sumatera Utara.

Ia memulai karir politiknya dengan bergabung ke Partai Golkar pada tahun 1999. Setahun berselang, Ali Umri langsung bertarung menjadi calon Wali Kota Binjai bersama wakil Anhar A Monel.

Keduanya sukses memenangkan pemilihan saat itu, dan memimpin Kota Binjai selama dua periode. Ali Umri menjadi Wali Kota Binjai ke-15.

Pada tahun 2004, Ali Umri dipercaya menjadi Ketua Golkar Sumut sampai tahun 2009. Belum tuntas sebagai Wali Kota Binjai, Ali Umri mencoba peruntungan maju sebagai calon Gubernur Sumatera Utara pada tahun 2008.

Ia maju bersama Maratua Simanjuntak, yang saat ini menjadi Ketua MUI Sumut, keduanya didukung oleh Partai Golkar. Pilgub Sumut saat itu diikuti oleh lima pasang calon dan pasangan Syamsul Arifin-Gatot Pujonugroho didukung PPP, PKS dan PBB keluar sebagai pemenang.

Kemudian, tahun 2011 Ali Umri pindah dari Golkar dan memilih bergabung bersama NasDem besutan Surya Paloh. Tahun 2014, ia terpilih menjadi anggota DPR RI mewakili NasDem dari Dapil Sumut III.

Setahun berkantor di Senayan, Surya Paloh memindahkan tampuk kepimpinan NasDem Sumut dari Ali Umri ke Tengku Erry Nuradi. Saat itu, Tengku Erry Nuradi menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara.

Bergabungnya Ali Umri ke PKB diketahui pada kegiatan konsolidasi pemenangan Pemilu 2024 dan buka puasa bersama PKB Sumut, Senin (3/4/2023).

Ketua DPW PKB Sumut menyampaikan, sosok Ali Umri tokoh yang tidak perlu diragukan lagi, beliau mantan Ketua partai Golkar, mantan Ketua partai Nasdem Sumut, mantan pejabat yang pernah menjabat Walikota Binjai dua periode dan pernah jadi anggota DPR RI di komisi 3. Untuk itu kita harus bersama dengan masyarakat sumatera utara membangun daerah ini. Partai PKB partai yang dilahirkan oleh NU, karena NU melahirkan PKB membuat tergerak hati Ali Umri untuk bergabung ke partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar ini.

Sementara itu Ali Umri dalam pidato
politiknya di hadapan ratusan kader PKB mengatakan, dirinya bergabung ke PKB karena hatinya digerakan untuk
menuju kejalan yang benar dan diajak oleh Ketum PKB H.Muhaimin Iskandar saat kami bertemu di Jakarta , dan di Medan beliau datang ke rumah saya untuk bersilaturahmi. Saya merasa terpanggil dengan sikap Ketum PKB ini yang mau datang ke rumah saya, melihat kerendahan hatinya ini yang membuat saya tergerak kembali untuk terjun ke politik setelah 4 tahun istirahat.

Untuk ini saya mengajak rekan rekan di Sumut untuk kembali kejalan yang benar dengan bergabung ke PKB papar Ali Umri dengan nada semangat dan bertekad akan membuat PKB partai yang disegani di kabupaten di kota se Sumut. Kalau ingin berkuasa maka kita harus merebut kekuasaan yaitu dengan melahirkan kader PKB sebagai Bupati, Walikota dan Gubernur” tegas Ali Umri.

Pada acara ini, Wakil Ketua DPP PKB Marwan Dasopang bersama Ketua DPW PKB Sumut menyerahkan kartu anggota sebagai kader PKB kepada Ali Umri dan memakaikan Jaket PKB sebagai tanda resminya Ali Umri bergabung sebagai Kader PKB.

Acara ini diselingi dengan tausiyah agama yang disampaikan Ustad K.H. Akhyar Nasution dan pemberian uang tali asih untuk anak yatim piatu. (HERI)

 

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN