Minggu, April 28, 2024

Pengurus Pomparan Raja Naiambaton Terbentuk di Sinehi, Bupati Dairi: Jadilah Pengayom, Tetap Jaga, dan Lestarikan Adat Istiadat

DAIRI  – Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menghadiri pelantikan pengurus Parsadaan Pomparan ni Raja Naiambaton (Parna) anak, boru, bere, ibebere desa dan Kecamatan Siempat Nempu Hilir (Sinehi), Jumat, 14 Juli 2023, di lapangan SMK Negeri 1 Siempat Nempu Hilir.

Bupati Eddy Berutu mengatakan punguan (perkumpulan) Raja Naiambaton adalah punguan pertama yang terbentuk di tingkat kecamatan. Punguan ini diharapkan Eddy Berutu akan menjadi pengayom untuk memimpin, menjaga, dan melestarikan adat istiadat Batak di daerah ini.

“Dalam acara ini mereka sangat bergembira dan luar biasa. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kecamatan lainnya bahkan bagi perkumpulan marga lain untuk melakukan hal yang sama agar persatuan dan kesatuan serta kekayaan budaya kita semakin bersatu menuju kejayaan,” kata Eddy Berutu didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Dairi Romy Mariani Eddy Berutu.

Dalam kesempatan tersebut, Eddy Berutu menyampaikan rencana pembangunan infrastruktur yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 ini.

Beberapa pembangunan tersebut adalah jaringan irigasi akan diperbaiki, Dusun Tanjung Lae Hitam akan dilakukan pengaspalan, jalan jurusan Simpang Logam menuju Sinar Pagi akan diperbaiki, serta jalan jurusan Pardomuan 2 menuju Lae Hitam juga akan diperbaiki.

Dalam acara pelantikan pengurus ini, Bupati Dairi Eddy Berutu menyumbangkan satu ekor kerbau yang diserahkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Dairi pada Kamis, 13 Juli 2023.

Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Siempat Nempu Hilir Jangihut Nadeak serta kepala desa se-Kecamatan Siempat Nempu Hilir, Punguan Pomparan Oppu Tuan Binur Kota Sidikalang serta Organisasi Generasi Muda Parna Dairi (Garda). (Nid)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN