Minggu, Juni 16, 2024

Resmikan UPT Puskesmas Parongil, Eddy Berutu: Gunakan dengan Baik untuk Pelayanan Masyarakat

DAIRI  – Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu meresmikan UPT. Puskesmas Parongil, Kecamatan Silima Pungga Pungga, Kamis (2/3/2023). Puskesmas Parongil direhab total menggunakan dana alokasi khusus dari Pemerintah Pusat dengan alokasi anggaran sebesar Rp. 2,1 miliar yang memulai pembangunannya bulan Juli – Desember 2022.

Eddy Berutu mengatakan puskesmas adalah pusat layanankesehatan masyarakat untuk penanganan pertama, bukan hanya untuk mengobati, namun lebih mempromosikan pola hidup sehat sehingga derajat kesehatan masyarakat meningkat.

“Sehat para warga, kalau kita sehat produktifitas kita pasti akan meningkat. Saya senang fasilitas puskesmas dilengkapi, sehingga pelayanan kepada masyarakat khususnya lansia dapat terlaksana dengan baik, kata Bupati.

Bupati mengatakan, anggaran ini ada berkat doa dan dukungan dari seluruh tim.

“Ini berkat kegigihan, Pemerintah Kabupaten Dairi untuk memperjuangkan dana tersebut dari pemerintah pusat. Sebab tak semua daerah mendapatkan dana ini. Kita bersyukur Dairi bisa. Saya titip kepada kita semua untuk menggunakan dan merawat sebaik-baiknya fasilitas yang sudah diberikan. Dedikasikan kepada masyarakat sehingga pelayanan kesehatan akan meningkat, ucap Bupati Dairi.

Camat Silima Pungga Pungga Horas Pardede mengatakan sangat berterima kasih dan bangga karena pelayanan kesehatan akan semakin meningkat dengan hadirnya puskesmas Parongil.

“Kesehatan menjadi salah satu faktor utama, Kecamatan Silima Pungga Pungga menjadi salah satu kecamatan yang mendapat perhatian dari Pemkab Dairi, terima kasih Pak Bupati, Bapak benar-benar melakukan perubahan untuk Dairi,” ujar Camat.

Sedangkan Kepala Puskesmas dr. Rudy K. Purba, MKM menyampaikan rasa terharu karena Puskesmas Parongil hadir dengan wajah yang baru. Hal tersebut akan menjadi energi yang baru bagi puskesmas dalam memberikan pelayanan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Masyarakat tidak perlu lagi ke rumah sakit jika ingin USG karena sudah alat USG. Pelayanan ibu bersalin bisa berjalan dengan baik untuk menekan angka kematian ibu dan bayi. Dulunya persalinan dilakukan di kantor koramil, namun sekarang sudah dilakukan di puskesmas ini. Masyarakat juga tentunya sangat berterima kasih atas hadirnya puskesmas ini,” ujar Kepala Puskesmas Parongil.

Turut hadir Anggota DPRD Dairi Charles Tamba, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bahagia Ginting, Kepala Dinas Kesehatan dr. Henry Manik, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) dr. Nitawati Sitohang, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Robot Simanullang, Kepala Dinas PUTR Hotmaida Butar Butar, dan Kepala Desa se-Kecamatan Silima Pungga Pungga. (As)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN