Minggu, April 28, 2024

Terima Kunjungan Danrem 023/KS, Bupati Dairi: TNI Membangun Desa Terbukti Positif, Pemkab Siap Kolaborasi

DAIRI – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menerima kunjungan Danrem 023/KS Kol.Inf Lukman Hakim dalam rangka kunjungan lapangan dan bakti sosial TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), Selasa (26/9/2023) di halaman SDN 037994 Borno, Desa Sungai Raya Kecamatan Siempat Nempu Hulu (Sinehu), Kabupaten Dairi.

Turut mendampingi Danrem, Tim Wasev (Pengawasan dan Evaluasi) yang dipimpin Kol. Inf Iwan Budiarso dan Letkol. Rinaldo Rusdi.

Seperti diketahui, TMMD sudah dilakukan sejak Rabu (20/9/2023) lalu di Desa Sungai Raya.

Dalam sesi ramah tamah dan diskusi, Bupati Eddy Berutu menyampaikan TMMD sebagai operasi bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu pada lintas sektoral bersama, lembaga pemerintahan, dan masyarakat telah menunjukkan kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat.

Bupati menyebut terlihat wajah warga yang bahagia dalam pertemuan ini menunjukkan bahwa TMMD akan berdampak positif bagi masyarakat.

“Sebagai kepala daerah saya bahagia karena saya lihat sejak pembukaan TMMD gairah masyarakat meningkat. Ini syukur saya lagi karena ada mitra kita di belakangnya yaitu TNI,” kata Bupati.

Dijelaskan lagi, TMMD sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di daerah yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat dan dilaksanakan secara integral melibatkan semua unsur-unsur yang terkait yang dimulai dari tingkat desa, kelurahan, sampai kabupaten.

“Terbukti, TMMD adalah cara kira mengikat gotong-royong mengatasi masalah di tengah masyarakat. Bagusnya lagi, saya lihat fokus TMMD bukan saja infrastruktur tapi juga keguyuban di lapangan. Saya banyak belajar dari kegiatan ini. Mari kita pertahankan keguyuban ini. Kami dari Pemkab Dairi siap berkolaborasi guna keberlanjutan program ini,” ujarnya lagi.

Sementara itu dalam paparannya, Dandim 0206 Dairi Letkol Inf. Goklas Silaban menyampaikan TMMD ke-118 Tahun 2023 yang dilaksanakan Kodim 0206/Dairi lewat pembangunan infrastruktur membuka akses jalan menuju Desa Gunung Meriah sepanjang 7,5 kilometer dan pembuatan tiga gorong-gorong.

Dijelaskannya, selain program pembangunan infrastruktur, TMMD ini juga melakukan kegiatan non-fisik seperti penyuluhan Kamtibmas dan sosialisasi bahaya narkoba. Juga dirangkai penyerahan bakti sosial berupa penyerahan bantuan sembako, pupuk cair, dan penyerahan mesin pengering jagung kepada warga melalui Kepala Desa Sungai Raya.

“Pekerjaan infrastruktur sudah berjalan 3 kilometer dan saat ini kita lakukan penyuluhan bahaya narkoba dan kamtibmas. Di tanggal 19 Oktober kita pastikan semua sudah tuntas,” katanya.

Hadir dalam kegiatan ini, Plt.Kapolres Dairi AKBP Rony Nikolas Sidabutar, Plt Kadis Pemdes Agel Siregar, Sekretaris Dinas PUTR Frianto Naibaho, Camat Sinehu Koko Angkat, Kades Sungai Raya Luat Darson Simanullang, tokoh masyarakat, dan warga. (Nid)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN