Minggu, Juni 16, 2024

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, LPKA Palu Terima Kunjungan Monev Divpas Kanwil Kemenkumham Sulteng

Palu – Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu terima kunjungan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Divisi Pemasyarakatan (Divpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng), Selasa (21/05/24) siang.

Kunjungan Tim Monev Divpas ini diketuai oleh Kepala Subbidang Pelayanan Tahanan, Perawatan Kesehatan, dan Rehabilitasi, Imelda, dan disambut oleh Kepala Seksi Wasgakin, Mokhammad Ma’ruf,Kepala Subbagian Umum, Andi Nuryadin dan Kasi Pembinaan, Ida Bagus Kade D.W.

Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun mengatakan bahwa upaya peningkatan pelayanan bagi tahanan dan anak binaan terus diberikan secara maksimal.

“Dalam menjamin pelayanan bagi tahanan dan anak binaan, kualitas bahan makanan menjadi poin utama kita, kemudian layanan Kesehatan yang siap 1×24 jam, serta kebersihan dapur juga menjadi perhatian kita,” kata Revanda

Selain hal tersebut, Revanda juga menguraikan bahwa dalam pemenuhan hak bagi Tahanan dan anak binaan administrasi mulai dari berkas penahanan pertama, pengadilan, hingga dieksekusi kejaksaan terus dilakukan koordinasi Bersama pihak-pihak terkait.

“Hak bagi tahanan dan anak binaan akan terus kita penuhi, hasil-hasil penelitian kemasyarakatan (Litmas) menjadi langkah pasti kita dalam memberikan program pembinaan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Sehingga dapat mendukung penuh pada tumbuh kembangnya,” urai Revanda

Senada, Imelda memberikan apresiasi atas kinerja Kepala LPKA Palu Bersama jajarannya. Dalam pantauannya LPKA Palu telah memenuhi standar pelayanan bagi Tahanan dan anak binaan.

“Luar biasa LPKA Palu, lingkungannya bersih, asri, bahan makanannya terjaga kualitasnya, obat-obatannya tersedia lengkap, administrasinyapun tertib. Semoga kinerja baik ini dapat terus dipertahankan,” puji Imelda

Selanjutnya Imelda menjelaskan bahwa, kegiatan ini dalam rangka evaluasi pencatatan dan pelaporan terkait rencana aksi jajaran Divpas Kemenkumham Sulteng Tahun 2024.

“Monev seperti ini perlu dilakukan, agar kita dapat mengecek secara langsung bagaimana implementasi dalam menjalankan tugas dan fungsi Pemasyarakatan sebagaimana mestinya” jelas Imelda.

Pada momen itu juga, Tim Monev Divpas menyapa seluruh anak binaan di LPKA Palu dan memberikan motivasi guna memperbaiki diri untuk menjadi generasi muda yang Naheba (Hebat).

Di tempat berbeda, Kakanwil Kemenkumham Suteng, Hermansyah Siregar berpesan agar Lapas/Rutan/LPKA terus berupaya dalam memberikan pelayanan kepada Tahanan, Warga Binaan ataupun anak binaan.

“Terus berikan kinerja terbaik dalam memenuhi hak-hak bagi Tahanan, Warga Binaan, dan Anak binaan. Mereka merupakan warga Indonesia yang wajib kita berikan perlindungan dan pendampingan. Tujuannya yaitu memberikan kehidupan yang layak sesuai aturan yang berlaku,” pesan Kakanwil Hermansyah

Hasil Monev tersebut menunjukan bahwa LPKA Palu telah memenuhi syarat dalam memberikan Pelayanan terbaik kepada Tahanan ataupun anak binaan.(Rel)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN