Minggu, April 28, 2024

UMKM Go-Dairi Dideklarasikan, Ketua Dekranasda: Kreativitas dan Inovasi Perlu untuk Pengembangan Usaha

DAIRI – Komunitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Go-Dairi dideklarasikan disaksikan Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dan Ketua Dekranasda Dairi Romy Mariani Eddy Berutu, Jumat, 8 September 2023, di Gedung PLUT, Taman Rekreasi Sidikalang. Adapun yang terpilih sebagai Ketua UMKM Go-Dairi adalah Nurkhalis.

Ketua Dekranasda Dairi mengatakan Pemerintah Kabupaten Dairi di bawah kepemimpinan Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu baru baru ini mendapatkan penghargaan dari Majalah Tempo sebagai pendorong ekonomi kerakyatan melalui kawasan pertanian terpadu dan pengembangan UMKM.

Hal ini memberikan sebuah kebanggaan tersendiri karena sektor UMKM diperhatikan oleh pemerintah pusat. “Tentunya melalui berbagai pelatihan dan pengembangan yang dilakukan oleh Pemkab Dairi. Misalnya pelatihan kepada pelaku UMKM dengan menggandeng Bank Mestika dan Estubizi Network. Kreativitas dan inovasi sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM untuk pengembangan usahanya.

UMKM di Dairi berkembang dengan pesat melalui berbagai pelatihan tersebut,” kata Romy Mariani. Dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda), dikatakan Romy Mariani, adalah suatu organisasi nirlaba yang menghimpun para pecinta kerajinan, memberikan pelatihan serta dipromosikan hasil karya yang berbasis produk dengan kearifan lokal. Misalnya tenun ulos Silalahi yang telah dihasilkan dalam bentuk echo fashion (ramah lingkungan) yang sudah dipromosikan hingga ke luar negeri, yakni Belgia.

“Dukungan dari berbagai pihak khususnya dari pemerintah daerah dalam hal penganggaran sangat diperlukan oleh Dekranasda dalam pengembangan UMKM. Jika ekosistemnya terbentuk dengan baik, maka kami yakin UMKM akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi khususnya di Dairi,” ujar Romy Mariani.

Kepada komunitas UMKM Go-Dairi yang telah di deklarasikan, Romy Mariani berharap agar dapat menjadi wadah untuk berdiskusi dalam pengembangan UMKM. Usai deklarasi, Ketua Dekranasda Dairi bersama Bupati Dairi meninjau stand UMKM yang tergabung dalam bazar day September ceria sebagai rangkaian dari acara tersebut.

Bazzarday September Ceria akan berlangsung dari tanggal 8 – 10 September di Gedung PLUT Taman Rekreasi Sidikalang. Berbagai kegiatan juga akan dilaksanakan selama bazzar berlangsung di antaranya lomba mewarnai, lomba fashion show, serta senam bersama. (As)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN