Minggu, Juni 16, 2024

Bupati Dairi Eddy Berutu Kukuhkan Komunitas UMKM Go Dairi

DAIRI – Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu secara resmi mengukuhkan kepengurusan Komunitas Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) Go Dairi.

Pengukuhan ini dilakukan bersamaaan dengan digelarnya Bazar-Day September Ceria mulai 8-10 September mendatang, di Gedung PLUT Raja Asah Ujung Van Keppas Sidikalang, Jumat (8/9/2023).

Bupati menyebut terselenggaranya acara ini untuk menampung ide-ide kreatif dan usaha UMKM warga Dairi.

Hal ini, kata Bupati, penting dilakukan selama pandemi 2-3 tahun lalu sektor ini menjadi sektor yang mampu bertahan dan menopang perekonomian bangsa.

“UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau bernilai 8.573,89 triliun rupiah. Kontribusi UMKM tersebut meliputi kemampuan penyerapan tenaga kerja sebesar 97%, serta dapat menghimpun hingga 60,4% dari total investasi,” ujarnya.

Eddy Berutu juga menyampaikan penghargaan kepada panitia acara yang memiliki ide penyelenggaraan kegiatan ini.

Diharapkan, dukungan dari semua pihak termasuk swasta dan perbankan guna perbaikan dan peningkatan mutu UMKM Kabupaten Dairi.

Ia juga menjelaskan, kegiatan seperti ini termasuk membangun komunitas UMKM Go Dairi menjadi sarana untuk bertukar ilmu.

“Dukungan dan kolaborasi serta kolaborasi dalam membangun UMKM dan industri anak bangsa berbasis teknologi tepat guna memasuki era Industri 4.0 perlu terus ditingkatkan. Dengan keterlibatan para ahli dan profesional bisnis, kami yakin bahwa kita semua memiliki semangat yang sama dalam membantu dan mengembangkan UMKM di masa pandemi dan era digital ini. Untuk itu, komunitas ini janganlah eksklusif, tapi harus inklusif agar semua usaha bisa terlibat di dalamnya,” tutup Bupati.

Diinformasikan, kegiatan serupa yang direncanakan akan diadakan setiap minggunya di tempat yang sama. Diharapkan peran dan dukungan warga masyarakat Kabupaten Dairi dalam penyelenggaraan kegiatan ini sehingga dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Dalam kegiatan ini juga disosialisasikan pembayaran menggunakan QRIS hasil kerjasama UMKM, PLUT dan Bank Mandiri .

Hadir dalam kegiatan ini, mewakili Kakan Kemenag Mahdi Kudadiri, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sidikalang Nova Juliana Sianturi, Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Rahmat Syah Munthe, Plt. Kepala UPT PLUT Manarsar Marisi Halomoan Siburian, tim Bank Mandiri, Ketua UMKM, Nurcholis, serta para peserta bazar. (As)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN