Jumat, Maret 29, 2024

Wakil Walikota Gunungsitoli Hadiri Ethnic Music Competition

Dinas Pariwisata dan Kebudayan Kota Gunungsitoli mengadakan Nias Ethnic Music Competition Kota Gunungsitoli Tahun 2023 di Taman Ya’ahowu, Kamis 23/03/2023.

Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli,SE.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan, “Hal-hal seperti ini menarik, penuh dengan ide dan kreativitas, Saya sangat tertarik, bahwa kreativitas semakin bertambah, karena kita butuh hal-hal yang baru yang dapat menghibur di Kota Gunungsitoli,”ucapnya.

Sowa’a juga berharap event seperti Nias Ethnic Music Competition dapat dilaksanakan secara rutin. Bahkan event dengan bentuk-bentuk lain yang dapat menyalurkan kreativitas untuk semakin digiatkan dilaksanakan dan ditingkatkan.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tema’aro Telaumbanua, SH dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud pelaksanaan kegiatan adalah untuk memberi ruang kepada pelaku seni menampilkan hasil karya kreativitas dalam bentuk kemasan yang kekinian.

Melestarikan karya seni dan budaya Nias di Kota Gunungsitoli dan menciptakan peluang ekonomi yang berdampak bagi pelaku usaha wisata dan masyarakat pada umumnya. Sedangkan tujuannya adalah pelestarian tradisi daerah, mengali kreativitas sekaligus instrumen dalam meningkatkan daya tarik Kota Gunungsitoli sebagai kota yang berdaya saing dan kreatif yang pada gilirannya akan menjadi inspirasi dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kepulauan Nias.

“Peserta berjumlah 12 kelompok yang terdiri dari komunitas kreatif dan kelompok seni atau sanggar dari Kepulauan Nias,” ucap Tema.

Adapun yang menjadi juara pada kompetisi tersebut adalah
Juara I : Sanggar Ladari
Juara II : Sanggar Laeru Nama
Juara III : Sanggar Lewio
Juara IV : Sanggar Krammer

Kegiatan tersebut berlangsung dengan lancar, Dan dihadiri Kapolres Nias AKBP Lufti, S.IK, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Drs. Arham Dusky Hia, M.Si, Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Gunungsitoli Folata Mendrofa S.Pd.SD, Kepala Bappelitbang Karya Bate’e, SSTP., MAP, Kepala Dinas Kota Gunungsitoli Wilser J. Napitupulu S.Si.Apt, MPH dan mewakili Dandim 0213/Nias. (Firman Lahagu)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN