Rabu, Mei 22, 2024

Dengan Jus Ini Efektif Atasi Keluhan Asam Lambung

Beberapa jenis buah dan sayur dapat diolah menjadi jus untuk asam lambung. Kandungan nutrisi didalamnya diketahui mampu menekan produksi asam lambung, sehingga gejala asam lambung pun bisa teratasi.

Asam lambung naik terjadi ketika katup atau otot kerongkongan melemah. Kondisi ini membuat asam lambung dan makanan yang telah dikonsumsi naik kembali ke kerongkongan dan menyebabkan penderitanya mengalami keluhan berupa mulut terasa asam atau pahit, mual, muntah, sakit tenggorokan, serta batuk.

Keluhan yang muncul bahkan dapat mengganggu aktivitas penderitanya, sehingga perlu ditangani dengan tepat. Penanganan asam lambung naik sangat beragam, salah satunya pola makan sehat, seperti mengonsumsi jus untuk asam lambung.

Ada banyak pilihan buah dan sayur yang bisa dijadikan sebagai jus untuk asam lambung, yaitu:

1. Jus pisang
Pisang merupakan salah satu buah untuk asam lambung yang baik dikonsumsi. Buah pisang mengandung kalium dan bersifat basa, sehingga bisa menetralkan asam lambung.

Namun, pastikan Anda memilih pisang yang sudah matang, karena pisang yang belum atau setengah matang biasanya memiliki rasa asam. Konsumsi makanan asam justru bisa memperburuk gejala asam lambung naik.

2. Jus wortel
Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi serat turut membantu meredakan gejala asam lambung naik. Oleh karena itu, Anda dapat mengonsumsi jus wortel ketika gejala asam lambung muncul.

Begitu juga dengan kandungan vitamin B6 yang ada di dalam sayuran ini. Vitamin B6 diketahui dapat menetralkan asam lambung.

3. Jus semangka
Semangka memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga bisa mengencerkan asam di lambung. Sifat basa yang dimiliki buah ini juga efektif dalam menetralkan asam lambung, yang artinya turut berperan dalam meringankan gejala asam lambung naik.

4. Jus bayam
Magnesium merupakan mineral penting yang dapat menetralkan asam lambung. Ini berarti konsumsi makanan yang kaya akan magnesium, seperti jus bayam, cukup disarankan agar keluhan asam lambung naik bisa teratasi.

Jika tidak suka dengan cita rasa jus bayam, Anda bisa mengkombinasikan sayuran ini dengan madu. Tidak hanya membuat cita rasanya menjadi lebih nikmat, madu juga bisa mengurangi peradangan di kerongkongan yang dapat terjadi ketika asam lambung naik.

5. Jus kurma
Konsumsi jus kurma atau sari kurma ketika asam lambung naik dianjurkan karena kandungan zat yang bersifat basa di dalamnya mampu menetralkan asam lambung dan meredakan keluhan yang muncul.

Selain itu, jus kurma juga mengandung serat yang tinggi sehingga konsumsinya bisa menekan produksi asam lambung. Kandungan serat juga bisa memberikan efek kenyang lebih lama dan menekan keinginan untuk makanan secara berlebihan.

6. Jus pir
Pir merupakan salah satu buah yang dapat diolah sebagai jus untuk mengatasi asam lambung. Alasannya, karena buah ini mengandung asam yang rendah sehingga ramah di lambung.

Dalam pir juga terdapat kandungan kalium yang bersifat alkaline. Dengan begitu, konsumsi jus ini juga mampu menetralkan asam lambung dan meredakan gejala asam lambung naik.

Masih banyak pilihan buah dan sayur yang bisa dijadikan jus untuk asam lambung, seperti melon, lidah buaya, buah bit, dan mentimun. Namun, tetap pahami bahwa aneka jus ini tidak bisa menyembuhkan, tetapi hanya meredakan gejala yang muncul.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Lainnya

Meski dapat mengatasi asam lambung naik, konsumsi jus saja tidak cukup. Anda juga dianjurkan mengubah gaya hidup dan menjaga pola makan agar asam lambung bisa teratasi dan tidak lagi kambuh.

Berikut ini adalah gaya hidup dan pola makan yang perlu diterapkan oleh penderita asam lambung:

-Menghindari konsumsi makanan asam, pedas, dan tinggi lemak.
-Membiasakan makan secara perlahan dan dengan porsi kecil.
-Menjauhi kebiasaan tidur setelah makan
Menjaga berat badan tetap ideal.
-Menghentikan kebiasaan merokok.

-Membatasi konsumsi minuman berkafein, bersoda, dan beralkohol.
-Mengonsumsi air putih yang cukup.
-Bila cara tersebut telah dilakukan tetapi keluhan asam lambung naik tidak juga teredakan, Anda bisa mengkonsumsi obat asam lambung di apotik seperti antasida. Konsumsilah obat ini sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan.

Itulah pilihan jus buah untuk asam lambung serta penanganan asam lambung naik lainnya. Jika semua cara tersebut telah dilakukan tetapi keluhan asam lambung naik tidak juga teratasi atau terasa mengganggu, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan asam lambung naik yang dialami agar bisa memberikan penanganan yang sesuai.

Ditinjau oleh : dr. Airindya Bella

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN