Minggu, April 28, 2024

60 Orang Calon Kepala Desa Ikuti Deklarasi Pilkades Damai, Wakil Bupati Dairi: Jaga Keberagaman, Hindari Perpecahan

DAIRI– Sebanyak 60 orang calon kepala desa di 22 desa dari 11 kecamatan se-Kabupaten Dairi mengikuti deklarasi damai jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan diselenggarakan pada 25 Oktober 2023 mendatang.

Deklarasi ini dirangkai dengan penandatangan pakta Integritas oleh seluruh calon kepala desa yang disaksikan oleh Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing dan unsur Forkopimda serta para pemangku kepentingan lainya, Rabu (18/10/2023), di Balai Budaya Sidikalang.

Wakil Bupati dalam Perayaannya usai penandatanganan menyampaikan, bahwa perhelatan Pilkades ini hendaknya tidak meninggalkan konflik. Pilkades damai adalah komitmen bersama mewujudkan pesta demokrasi.

“Jadi saya mengajak mari menyelenggarakan peran masing-masing demi terwujudnya Pilkades yang damai dan tertib, jaga keberagaman, hindari perpecahan. Pilkades ini harus jadi pemersatu,” tegasnya.

Sebelumnya, Kapolres Dairi AKBP Agus Bahari Parama Artha menyampaikan, polisi sebagai penanggung jawab keamanan sesuai tugas pokok dan fungsinya berharap Pilkades yang akan diikuti oleh 27.830 pemilih ini bisa berjalan aman dan tertib. Namun, Ia menyebut Pilkades yang damai ini adalah tanggung jawab bersama antara calon, panitia penyelenggara, kepolisian, dan pemeritah kabupaten.

“Terkait masalah keamanan dalam proses kontestasi Pilkades ini, saya berharap atas nama kepolisisn Polres Dairi seluruh elemen turut membantu mengamankan proses Pilkades ini. Kalau ada permasalahan selama proses Pilkades sampaikan sesuai mekanisme yang berlaku. Harapan kami dukungan dari calon, penyelenggara, Pemerintah Kabupataen Dairi dan yang terpenting adalah masyarakat. Tujuan utamanya adalah aman dan tertib,” katanya.

Juga hadir dalam deklarasi damai ini, Kajari Dairi Octo Ricardo, mewakili Dandim 0206 Dairi, Kasdim Walikota (Inf) Jimmy Barus, mewakili ketua PN Ebarina Sihombing, serta tamu undangan lainnya. (Nid)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN