Sabtu, Juni 15, 2024

Anggota DPD Sumut Badikenita Sitepu Berharap PLN Dapat Menerangi Warga Sumut

MEDAN – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dapil Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Badikenita Sitepu mengatakan, agar Perusahan Listrik Negara (PLN) dapat memenuhi kebutuhan listrik seluruh warga Sumut.

Hal ini disampaikan Badikenita Sitepu saat mengunjungi PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut dan diterima langsung oleh General Manager (GM) PLN UIW Sumut Tonny Bellamy belum lama ini.

Pada kesempatan itu Badikenita Sitepu membahas ketersediaan energi listrik dan kesiapan PLN dalam menuju Net Zero Emission(NZE) dengan bauran Energi Baru dan Terbarukan (EBT).

Menurut Badikenita, sistem utama yang dimiliki PLN Sumut saat ini, yakni kelistrikan bagian Utara 2.794 MW yang tersedia, dan dengan beban puncak 2.432 MW, pihak PLN masih memiliki cadangan 362 MW.

“Jadi tidak ada alasan pihak PLN listrik padam,” ujar Badikenita lulusan termuda Doktor Ilmu Ekonomi UI Tahun 2013.

Badiken Sitepu

Selain itu, Badikenita berharap agar, pihak PLN dapat menjaga harga tarif listrik stabil agar tidak menggangu perekonomian dan sektor usaha lainnya.

Ia juga mendorong PLN UIW Sumut agar mampu beradaptasi terhadap bauran Energi Baru dan Terbarukan (EBT).

Sementara, General Manager (GM) PLN UIW Sumut Tonny Bellamy mengakui, bahwa pihaknya memiliki kendala untuk mensuplay maupun mengaliri listrik ke beberapa wilayah di Sumut.

“Akses jalan roda 4, dan izin pembebasan lahan masih menjadi kendala,” ujar Tonny.

Namun dirinya optimis, pihaknya akan mencari solusi dan membenahi kebutuhan listrik di wilayah Sumut yang belum terjangkau.

“Lokasi kepulauan segera diselesaikan,” pungkasnya.(Red)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN