Elipitua Siregar 
Elipitua Siregar 
Medan – Elipitua Siregar divonis dua tahun penjara usai membunuh abang kandungnya. Sidang putusan yang menjerat Elipitua Siregar itu digelar di PN Tarutung, pada Rabu (8/3) kemarin. Putusan hakim itu sama dengan tuntutan yang disampaikan oleh jaksa penuntut umum (JPU).

Atlet Mixed Martial Arts (MMA) asal Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara itu merupakan tulang punggung keluarga menjadi dasar hakim meringankan hukumannya.

Humas PN Tarutung, Natanael Sitanggang menyebut hal yang memberatkan hukuman Elipitua, karena perbuatannya telah mengakibatkan nyawa abangnya, Marganti Siregar, meninggal dunia.

Sementara hal yang meringankan vonis Elipitua itu, Natanael menyebut ada beberapa hal. Salah satunya, karena terdakwa mengakui perbuatannya.

“Adapun yang meringankan karena terdakwa mengakui perbuatannya. Selain itu, terdakwa menyesal atas perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi,” kata Natanael, Kamis (9/3/2023).

Elipitua Siregar 
Elipitua Siregar

“Lalu, terdakwa merupakan tulang punggung yang membiayai biaya cuci darah ibunya yang telah berusia lanjut dan sedang sakit keras. Kemudian karena perbuatan terdakwa telah dimaafkan ibu serta saudara-saudaranya,” sambungnya.

Perjalanan Karir Elipitua Siregar

Petarung Mixed Martial Arts (MMA), Elipitua Siregar lahir pada 4 April 1996 silam di Tapanuli Utara. Elipitua merupakan petarung MMA dengan latar belakang olahraga gulat dan sambo.

Sebelum berkarir di MMA, Elipitua diketahui pernah menjadi atlet gulat di Jakarta dan pada tahun 2018, dia kemudian beralih ke MMA. Dia mengawali karirnya dengan melawan Dodi Mardian di One Championship pada Mei 2018, dan berhasil menang.

Elipitua diketahui tergabung dalam tim MMA Bali, oleh sang pelatih dia diberi nama julukan ‘The Magician’ atau pesulap. Hal itu karena gerakan-gerakannya yang sulit ditebak kala bertarung di atas ring.

Atlet Pro MMA, Khabib Nurmagomedov merupakan sosok idola Elipitua. Dia sempat meminta foto bareng Khabib menjadi salah satu bonus kemenangannya kala bertarung di Singapura pada awal 2022 silam.

Selama berkarier di MMA, dalam kurun waktu 2018 hingga 2022, Elipitua naik ring sebanyak tujuh kali. Dengan catatan lima kali menang dan dua kali kalah.

Elipitua Siregar 
Elipitua Siregar

Di laga awal, Elipitua langsung meraih kemenangan kala melawan Dodi Mardian pada 12 Mei 2018. Di laga kedua, The Magician kembali menang atas Soda Phat pada September 2018.

Dalam catatan, Elipitua terakhir kali naik ring pada 20 Mei 2022 silam melawan Robin Catalan. Saat itu Elipitua berhasil menang atas atlet asal Filipina tersebut.

Namun sayang, karier cemerlangnya di MMA harus pupus kala Elipitua terjerat kasus pembunuhan abang kandungnya sendiri. Pembunuhan itu terjadi pada 15 Oktober 2022 yang lalu.