Rabu, Mei 22, 2024

Banjir Bandang di Samosir Rubuhkan Desa Turpuk Sihotang, 1 Orang Dinyatakan Hilang

Banjir bandang di kabupaten Samosir mengakibatkan beberapa desa terkena longsor dan banjir, salah satunya Desa Turpuk Sihotang, Kec. Harian rubuh terbawa derasnya air. Salah satu warga di desa tersebut dinyatakan hilang bernama Rosma Habeahan (71).

Salah satu mahasiswi, Yesmaria Sidabukke mengatakan, “Malam sekitar pukul 19.00 WIB saya mendengar suara gemuruh seperti longsor. Setelah saya mendengar suara gemuruh, kemudian saya melihat semua warga sudah berlarian. Sehingga kami ikut lari,” kata Yesmaria yang ikut KKN (kuliah kerja nyata) Selasa (14/11).

Ia menyebut, saat kejadian, warga berlarian ke arah yang berbeda-beda karena panik.

“Ada yang berlari ke arah pelabuhan Danau Toba untuk menyebrang, ada juga yang lari ke arah perbukitan demi menghindari banjir yang membawa lumpur,” papar Yesmaria sembari menyebut 19 rekannya berhasil selamat dari musibah banjir tersebut.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Samosir, Sarimpol Simanihuruk saat dihubungi melalui telepon selulernya menyebut, bahwa  hingga saat ini pihaknya sedang fokus mempersiapkan tenda bagi warga yang terkena dampak banjir.

“Pengungsi sangat banyak sekali. Jadi kami fokus dulu, nanti saya kabari ya,” tulis Sarimpol.

Pasca musibah banjir bandang ini, satu orang warga atas nama Rosma Habeahan (71) hingga Rabu (15/11) belum juga diketahui keberadaanya.

“Sampai saat ini kita masih melakukan pencarian. Basarnas, Polsek dan Koramil sudah turun ke lokasi untuk melakukan pencarian yang ke dua kalinya,” kata Danramil Harian, Peltu Inf. Suhairi, Rabu (15/11).

Dijelaskan, bahwa pihaknya saat ini melakukan upaya pencarian dengan menggunakan alat berat. “Dalam pencarian kita menggunakan alat berat jenis loder dan exavator. Mudah-mudahan ada hasil,” tukas Suhairi.

Atas bencana ini, total kerugian yang mengakibatkan kerusakan rumah warga, fasilitas umum maupun kerusakan areal pertanian warga, belum berhasil terdata pihak Pemkab Samosir.

Sementara itu sejumlah desa di Kecamatan Harian yang terkena banjir yakni di Desa Siparmahan, Desa Dolok Raja, Desa Sampur Toba, dan Desa Turpuk Limbong. Akibatnya, sebagian jalan, jembatan dan rumah warga tergenang banjir.

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN