Selasa, Juli 23, 2024

Bunda PAUD Dairi: Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan Mulai Diperkenalkan

DAIRI – Sebanyak 147 orang siswa dari 11 PAUD di Kecamatan Sempat Nempu Hilir dilepas Bunda PAUD Dairi Romy Mariani Eddy Berutu, Sabtu 24 Juni 2023. Pelepasan para siswa PAUD tersebut diadakan di lapangan Kantor Kecamatan Siempat Nempu Hilir.

Romy Mariani mengatakan momen pelepasan PAUD ini adalah hal yang sangat membanggakan karena anak-anak sudah akan dilepas untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih formal. Romy menyampaikan terima kasih kepada para tutor PAUD yang telah memberikan pendidikan kepada anak-anak hingga sampai kepada masa saat ini.

Dia mengatakan pendidikan awal ini untuk menentukan 80% bagaimana nanti mereka di usia dewasa. Kalau kita berikan hal yang baik karena mereka akan melakukan hal yang baik. “Untuk apa anak kita dewasa kalau karakternya tidak baik, karena tidak akan memberikan nilai tambah bagi bangsa. Di PAUD dibentuk karakternya, sambil bermain diberikan pembelajaran yang menyenangkan,” ucapnya.

Saat ini, program transisi PAUD ke sekolah dasar (SD) yang menyenangkan sedang digencarkan oleh Pemerintah Pusat. Hal itu ditandai dengan dukungan dari seluruh bunda PAUD se-Indonesia melalui penandatanganan komitmen yang berlangsung di Jakarta pada beberapa waktu yang lalu.

Dalam program tersebut saat anak masuk SD, tidak akan ada lagi test untuk belajar membaca, menulis dan menghitung (calistung). Calistung juga dianggap sebagai salah satu indikator kesuksesan seorang anak, hal itu salah satu konsep yang salah dan harus diluruskan.

“Guna mendorong anak-anak untuk masuk PAUD, Kabupaten Dairi telah menerbitkan Perda tentang PAUD di mana dalam Perda tersebut dinyatakan setiap anak yang akan masuk ke jenjang sekolah dasar, harus mengikuti pendidikan PAUD terlebih dahulu. Dengan hadirnya Perda dimaksud, anak-anak Dairi dapat menjadi anak yang unggul dan menjadi pemimpin bangsa,” kata Romy Mariani mengakhiri sambutannya.

Turut hadir dalam pelepasan tersebut Camat Siempat Nempu Hilir Jangihut Nadeak, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal Merlin Sitanggang, Kepala Desa dan Bunda PAUD Desa se-Kecamatan Siempat Nempu Hilir. (As)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN