Jumat, Mei 24, 2024

Cara Ampuh Menghilangkan Benjolan Ambeien

Cara menghilangkan benjolan ambeien dapat dilakukan sendiri di rumah maupun dengan penanganan medis oleh dokter. Pada banyak kasus, benjolan ambeien, khususnya yang masih ringan, dapat hilang sendiri atau dengan perawatan alami serta perubahan gaya hidup.

Namun, jika tak kunjung membaik atau justru makin parah, ambeien perlu diatasi dengan penanganan medis. Ambeien ditandai dengan munculnya benjolan di dalam atau sekitar anus.

Kondisi ini terjadi akibat pembengkakan atau adanya tekanan di pembuluh darah sekitar anus. Pembengkakan bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari konstipasi, kebiasaan mengejan, sering mengangkat beban berat, kehamilan, atau sering duduk terlalu lama.

Sebagian penderita wasir tidak mengalami gejala. Namun, ada juga penderita ambeien yang mengalami gejala berupa benjolan di anus, buang air besar (BAB) berdarah, atau gatal atau perih di anus.

Kabar baiknya, ada berbagai cara menghilangkan benjolan ambeien secara medis maupun secara alami yang terbukti ampuh.

Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien
Berikut adalah berbagai cara menghilangkan benjolan ambeien:

1. Minum obat
Ada beberapa obat-obatan yang bisa dikonsumsi untuk menghilangkan benjolan ambeien, di antaranya adalah obat pencahar dan ekstrak flavonoid.

Obat pencahar membantu melunakkan tekstur tinja agar lebih mudah dikeluarkan, sehingga pasien tidak perlu banyak mengejan saat BAB. Dengan demikian, benjolan ambeien pun bisa mengecil.

Selain itu, obat yang mengandung ekstrak flavonoid juga bisa dikonsumsi sebagai cara mengecilkan benjolan ambeien. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi pembengkakan pada pembuluh darah di anus.

Namun, perlu diingat, penggunaan obat-obatan tersebut sebagai cara menghilangkan ambeien harus sesuai dengan resep dan anjuran dokter, ya.

2. Menjalani rubber band ligation
Rubber band ligation adalah salah satu cara menghilangkan benjolan ambeien yang efektif untuk mengatasi ambeien ringan hingga sedang.

Tindakan medis ini dilakukan dengan mengikatkan karet gelang khusus pada ujung benjolan supaya aliran darah di ambeien terhenti. Setelah itu, benjolan ambeien akan berangsur mengecil dan menghilang dalam waktu sekitar 1 minggu.

3. Menjalani skleroterapi
Skleroterapi dilakukan dengan menyuntikkan obat ke pembuluh darah yang bengkak, sehingga benjolan ambeien bisa mengecil.

Langkah medis ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi pendarahan pada ambeien. Selain dapat mengobati ambeien, skleroterapi juga bisa dilakukan untuk mengobati varises.

4. Menjalani terapi koagulasi inframerah
Cara menghilangkan benjolan ambeien yang satu ini kerap dilakukan untuk mengatasi ambeien yang tergolong ringan hingga sedang.

Cara menghilangkan benjolan ambeien ini melibatkan sinar inframerah untuk memanaskan pembuluh darah yang bengkak. Hasilnya, aliran darah pada benjolan tersebut akan berkurang, sehingga ambeien bisa menyusut dan menghilang.

5. Menjalani hemorrhoidal artery ligation and recto anal repair (HAL-RAR)
Prosedur ini dilakukan dengan memasukkan sensor USG Doppler ke dalam anus untuk mendeteksi pembuluh darah yang terganggu dan menyebabkan benjolan ambeien.

Selanjutnya, pembuluh darah tersebut akan diikat supaya aliran darahnya terhenti dan benjolan ambeien menghilang.

Cara menghilangkan benjolan ambeien ini termasuk metode baru yang cukup efektif dan cenderung tidak menimbulkan rasa sakit.

6. Menjalani operasi
Tindakan operasi umumnya dilakukan untuk mengangkat benjolan ambeien yang sudah parah atau sering kambuh. Prosedur pengangkatan benjolan ambeien ini disebut sebagai hemoroidektomi. Selain itu, ada juga teknik operasi lain yang bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan ambeien, misalnya hemorrhoid stapling.

Pada operasi ambeien, dokter akan membuat sayatan kecil di sekitar anus untuk mengangkat benjolan ambeien. Pasien akan diberi anestesi atau obat bius agar tidak merasakan sakit saat operasi berlangsung.

7. Melakukan sitz bath
Sitz bath adalah cara menghilangkan benjolan ambeien dengan merendam bokong di dalam air hangat. Anda dapat melakukan sitz bath selama 15 menit setelah BAB untuk melemaskan otot-otot di anus dan mengurangi keparahan benjolan ambeien.

8. Menambah asupan serat
Menambah asupan serat adalah cara menghilangkan benjolan ambeien yang tak kalah penting untuk dilakukan.

Buah-buahan, sayur-sayuran, maupun kacang-kacangan adalah pilihan makanan berserat yang baik untuk mencegah konstipasi dan mencegah benjolan ambeien semakin membesar.

9. Menghindari mengejan
Tidak mengejan saat buang air besar adalah salah satu cara menghilangkan benjolan ambeien dengan tidak membuatnya semakin membesar. Sebab, mengejan dapat meningkatkan tekanan di usus besar bagian bawah (rektum) dan menyebabkan benjolan ambeien membesar.

10. Menghindari duduk terlalu lama
Duduk dalam waktu yang terlalu lama adalah salah satu kebiasaan yang dapat menyebabkan terjadinya ambeien atau membuatnya makin parah.

Ini karena duduk terlalu lama bisa menyebabkan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di sekitar rektum dan anus.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk tidak duduk terlalu lama sebagai cara menghilangkan benjolan ambeien. Jika Anda duduk, berdirilah sesekali guna mencegah keparahan ambeien.

11. Menjaga berat badan ideal
Berat badan yang berlebih dapat meningkatkan tekanan pada benjolan ambeien dan risiko keparahannya. Oleh karena itu, jagalah berat badan Anda agar tetap ideal sebagai cara menghilangkan benjolan ambeien.

12. Berolahraga secara rutin
Olahraga secara rutin diketahui ampuh untuk mencegah konstipasi, sehingga keparahan benjolan ambeien dapat dihindari. Oleh karena itu, berolahragalah secara rutin sebagai cara menghilangkan benjolan ambeien sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan

13. Menggunakan salep hydrocortisone
Pemakaian salep hydrocortisone bisa menjadi cara menghilangkan benjolan ambeien yang ampuh. Namun, obat ini biasanya hanya digunakan untuk mengatasi ambeien yang masih ringan.

Hydrocortisone dapat mengurangi peradangan dan iritasi pada benjolan ambeien, serta mengurangi pembengkakan di anus akibat ambeien.

14. Menggunakan salep lidocaine
Lidocaine merupakan obat bius lokal yang dapat mengurangi keluhan nyeri, gatal, dan perih akibat ambeien.

Sebagai obat untuk menghilangkan benjolan ambeien, salep lidocaine biasanya dikombinasikan dengan salep hydrocortisone. Namun, perlu diingat, obat ambeien ini hanya bisa digunakan sesuai resep dan anjuran dokter.

15. Mengoleskan witch hazel
Witch hazel memiliki efek anti radang yang mampu meredakan rasa gatal dan nyeri, serta mengurangi pembengkakan ambeien.

Untuk mendapatkan manfaat witch hazel sebagai cara menghilangkan benjolan ambeien, Anda bisa mengoleskan salep atau gel yang mengandung ekstrak tanaman tersebut.

16. Mengoleskan gel lidah buaya
Sama dengan witch hazel, manfaat lidah buaya dalam pengobatan ambeien juga didapatkan dari sifat anti radangnya. Gel lidah buaya juga dapat mengurangi iritasi pada anus, sehingga gejala nyeri dan gatal akibat ambeien bisa teratasi.

17. Mengonsumsi minyak kelapa
Minyak kelapa memiliki sifat anti radang dan anti bakteri, sehingga dapat membantu mengobati ambeien dan mengurangi iritasi pada ambeien.

Untuk menghilangkan ambeien, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa murni (virgin coconut oil) sebanyak 2–3 kali sehari pada benjolan ambeien selama beberapa minggu.

Ambeien umumnya bisa mereda dengan beberapa langkah penanganan di atas. Namun, sebelum menjalani tindakan medis, cobalah lakukan cara menghilangkan benjolan ambeien secara alami, seperti melakukan sitz bath, menjaga berat badan ideal, atau menggunakan bahan-bahan alami, seperti minyak kelapa dan gel lidah buaya.

Apabila cara alami telah dilakukan selama 2–3 minggu tetapi benjolan ambeien tak kunjung menghilang, makin parah, atau disertai keluhan yang mengganggu seperti gatal, nyeri, atau BAB berdarah, konsultasikanlah dengan dokter mengenai kondisi Anda.

Dokter akan meninjau ambeien yang Anda alami dan menentukan cara menghilangkan benjolan ambeien secara medis yang paling sesuai.

Ditinjau oleh : dr. Sienny Agustin

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN