Selasa, Juli 23, 2024

Danrem 022/PT Bersama Dandim 0203 Langkat Dampingi Pangdam I BB Launching Ketahanan Pangan di Simalungun

Simalungun – Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Luqman Arief S.I.P mendampingi Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Ahmad Daniel Chardin, SE, MSi, melakukan Launching pembukaan lahan ketahanan pangan seluas Lahan + 500 HA, di Nagori Huta Sitahoan, Kecamatan Girsang Sipangan bolon Kab. Simalungun, Senin ( 27/02/2023)

Dalam sambutannya, Pangdam I/BB Mayjen TNI Ahmad Daniel Chardin, SE, MSi, mengatakan, saya selaku Pangdam I/Bukit Barisan dan pribadi mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Bapak Bupati dan Walikota se wilayah Korem 022/PT, Kasrem 022/PT, Dandim jajaran Korem 022/PT, Dan/Kasatdisjan, Kalapas Klas IIA Pematang siantar, Para Kasi Korem 022/PT, Para Pimpinan BUMN/BUMD yang telah memfasilitasi serta mendukung terselenggaranya kegiatan di tempat ini serta segenap pihak lainnya.

Kita ketahui bahwa dalam kegiatan ketahanan pangan kali ini kita laksanakan di daerah Nagori Sitahoan Kec. Girsang Sipangan Bolon Kab. Simalungun dengan luas lahan + 500 Ha, dengan rincian sebagai berikut : 200 Ha sudah ditanami, sedangkan lahan seluas 300 Ha saat ini sedang dalam proses penyiapan.

Sehubungan hal tersebut jenis bibit yang akan ditanam kali ini adalah jagung, sorgum, tomat, wortel dan cabe. Selanjutnya target tanam, panen, produktivitas yang telah ditetapkan harus dilaksanakan dengan pembinaan dan pengawalan kepada para kelompok petani.

Di samping itu tujuan kerjasama dengan lapas adalah dengan melibatkan warga binaan pemasyarakatan ( WBP ) sebagai kelompok tani. WBP yang dilibatkan merupakan warga binaan yang tidak lama lagi menghirup udara bebas dan ini merupakan hasil assesment dari pihak lapas, sehingga dengan harapan agar saat warga binaan nanti bebas maka mereka sudah memiliki kemampuan/bekal untuk mengabdi di tengah-tengah masyarakat.

Kegiatan ketahanan pangan yang kita selenggarakan ini adalah bentuk kepedulian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang rencananya hasil pertanian nanti akan disalurkan kepada masyarakat yang gunanya untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Sementara itu, Danrem 022/PT Kolonel Inf Luqman Arief S.I.P menyampaikan selamat datang saya ucapkan di lokasi ketahanan pangan Korem 022/PT. Kegiatan ini kita laksanakan di hutan Sitahoan, Nagori Sipangan bolon Kab. Simalungun dengan luas lahan + 500 Ha, dengan rincian sebagai berikut : 200 Ha sudah ditanami, sedangkan lahan seluas 300 Ha saat ini sedang dalam proses penyiapan.

Kegiatan ketahanan pangan ini merupakan kolaborasi antara Pemda, warga binaan lapas, serta melibatkan pok tani dan Mahasiswa USI kedepannya.
Kelompok tani yang ada saat ini terdiri dari: 150 org
– Poktan lembah indah sejuk damai ( lisda ) : 25 org
– Warga binaan Lapas Klas II a Pematang siantar : 50 org
– Poktan Tunas Bangsa : 25 org
– Poktan Lembah Damai Nauli ( ldn ) : 25 org
– Poktan dari Kodim 0207/Simalungun : 25 org

Kemudian untuk jenis bibit yang akan ditanam terdiri dari: Jagung, Sorgum , Sayur – sayuran dan Tanaman keras (buah – buahan)

Kita ketahui bersama bahwa kegiatan ketahanan pangan yang dilaksanakan Korem 022/PT ini, merupakan suatu wujud dari aktualisasi program pemerintah dan merupakan salah satu dari perintah harian bapak kepala staf angkatan darat. Tentunya kedepannya akan bermanfaat bagi masyarakat di wilayah Kab. Simalungun.

Kegiatan ini melibatkan kelompok tani, para Mahasiswa/wi USI, yang ikut terlibat langsung dalam praktek dilapangan memberikan pelatihan kepada kelompok tani. Sehingga nantinya akan menjadi bekal dalam pengabdian kepada masyarakat. Disamping itu warga binaan lapas Kelas II Pematang siantar juga ikut terlibat.

Terima kasih kepada ibu Lilis Daulay selaku ketua pembina kelompok tani lisda yang telah membantu kegiatan ini dengan lancar. adapun warga binaan pemasyarakatan (wbp) yang dilibatkan merupakan warga binaan lapas yang tidak lama lagi akan menghirup udara bebas.

para warga binaan ini tentunya yang sudah melalui tahap assesment dari pihak lapas, sehingga dengan harapan agar saat warga binaan nanti bebas maka mereka sudah memiliki kemampuan/ bekal untuk mengabdi bersama masyarakat. harapannya kegiatan ini bisa dijadikan pilot project bagi kabupaten/kota di wilayah Korem 022/PT.

adapun hasil dari ketahanan pangan ini nantinya akan disalurkan kepada poktan dan masyarakat. pada intinya untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, terkhusus di wilayah kab simalungun.”kata Danrem.

“seorang pemimpin harus berani mengambil keputusan dan resiko, walaupun dalam keadaan yang sangat sulit. saat mengambil keputusan hasilnya benar maka itu adalah keputusan tepat. apabila salah berarti lebih baik daripada tidak berani mengambil resiko sama sekali”Ujarnya

Dalam kesempatan itu Pangdam I/BB Mayjen TNI Ahmad Daniel Chardin, SE, MSi, memberikan tali asih kepada anak yatim piatu dan Stunting serta pemberian bibit dan pupuk kepada kelompok tani secara simbolis.

Dilanjutkan penanaman jagung bersama dengan Forkopimda dan terakhir Meninjau display tanaman hasil olahan pertanian seperti Jagung, Sorgum, Sayur – sayuran dan Tanaman keras (buah – buahan).

Hadir dalam kegiatan Launching Ketahanan Pangan ini, Para Asisten Kasdam I/BB, Dan/Kabalak Dam I/BB, Danrem 022/PT, Danrindam I/BB, Para Dandim jajaran Korem 022/PT, Kapolres Sml , Wakapolres P.Siantar, Wakil Bupati Sml, Rektor Fakultas Pertanian Universitas Simalungun, Pimpinan PT. Tunas Bangsa, Pimpinan PT. Bonar Jaya, Pimpinan PT. Lembah Damai Nauli (LDN), Ka Kanwil Kemenkumham, Bapak H. Rahmad syah, Kalapas Klas IIA Pematang siantar beserta Warga Binaan Kalapas Klas IIA P.Siantar , Ketua Pembina Kelompok Tani Lisda Ibu Lilis Daulay, Para Pimpinan BUMN/BUMD, Para Mitra Karib Korem 022/PT dan Para Ketua Kelompok Tani. (Surya Turnip)

BERITA TERKAIT

- Advertisement -spot_img

BERITA LAIN